Rekomendasi Kuliner di Tanjung Balai – Tanjung Balai adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya dan juga keberagaman kuliner yang menarik. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas yang dapat Anda temui di Tanjung Balai

Rekomendasi Kuliner di Tanjung Balai

Mie Balai

Mie Balai adalah hidangan mie yang menjadi salah satu ikon kuliner Tanjung Balai. Mie ini biasanya di sajikan dengan kuah kental yang gurih dan daging sapi, ayam, atau udang sebagai pelengkapnya. Rasanya blogsiswa.com yang lezat dan tekstur mie yang kenyal menjadikan Mie Balai favorit di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan.

Pindang Patin

Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang di masak dengan bumbu rempah khas Indonesia seperti kunyit, jahe, dan serai. Ikan patin ini di masak dalam kuah yang kaya akan rasa gurih dan pedas. Biasanya di sajikan dengan nasi hangat, Pindang Patin menjadi pilihan kuliner yang sangat populer di Tanjung Balai.

Sate Padang

Meskipun Tanjung Balai bukan merupakan kota asalnya, Sate Padang tetap menjadi salah satu kuliner favorit di sini. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang di potong kecil-kecil dan di tusuk menggunakan bambu sebelum di panggang. Sate ini di sajikan dengan kuah kacang kental khas Padang yang kaya akan rempah-rempah.

Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk adalah sambal khas Tanjung Balai yang terbuat dari cabai merah, bawang, dan bumbu lainnya. Ini memiliki cita rasa pedas yang khas dan cocok untuk di nikmati bersama dengan berbagai hidangan, seperti ikan bakar atau nasi goreng.

Mie Bangka

Mie Bangka adalah hidangan mie khas Bangka yang juga sangat populer di Tanjung Balai. Indomie ini biasanya di sajikan dengan irisan daging ayam atau udang, tauge, dan kuah kental yang gurih. Rasanya yang lezat dan tekstur mie yang kenyal membuat Mie Bangka menjadi pilihan favorit banyak orang.

Kue Lempeng

Kue Lempeng adalah jajanan khas Tanjung Balai yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, dan gula merah yang kemudian di panggang. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis gurih yang sangat lezat. Biasanya di sajikan sebagai cemilan atau oleh-oleh khas Tanjung

Kue Lepet

Kue lepet adalah makanan tradisional khas Tanjung Balai yang terbuat dari ketan. Yang di rebus dan kemudian dilumuri dengan campuran gula merah yang sudah di cairkan. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis yang sangat lezat. Kue lepet biasanya di sajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara, baik formal maupun non-formal.

Es Durian

Tanjung Balai juga terkenal dengan es duriannya. Durian merupakan buah tropis yang memiliki aroma yang khas dan rasanya yang sangat lezat. Di Tanjung Balai, buah durian sering di olah menjadi es durian yang segar dan menyegarkan. Es durian ini biasanya di sajikan dengan tambahan susu kental manis atau sirup agar rasanya semakin nikmat.