Kuliner Khas Pangkalpinang: Nikmati Kelezatan dari Mie Bangka hingga Es Durian – Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung, adalah sebuah kota yang kaya akan budaya, sejarah, dan tentu saja, kuliner lezat. Terletak di Pulau Bangka, kota ini menawarkan beragam hidangan khas yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa kuliner yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pangkalpinang

Kuliner Khas Pangkalpinang

1. Mie Bangka

Mie Bangka adalah hidangan khas yang tak boleh di lewatkan ketika mengunjungi Pangkalpinang. Ini biasanya di sajikan dalam bentuk pangsit dengan kuah kaldu yang kaya rasa. Rasanya yang gurih dan lembut membuatnya menjadi favorit bagi banyak orang.

2. Mie Belitung

Meskipun namanya mirip dengan Mie Bangka, Mie Belitung memiliki ciri khas tersendiri. Mie ini di sajikan dengan tambahan udang, cumi, dan sayuran segar yang membuatnya semakin lezat.

3. Pempek

Pempek adalah hidangan khas Palembang yang juga sangat populer di Pangkalpinang. Terbuat dari campuran ikan, tepung sagu, dan beberapa bahan lainnya, pempek di Pangkalpinang biasanya di sajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam. Ada berbagai varian pempek, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek keriting.

4. Lempah Kuning

Lempah Kuning adalah hidangan tradisional Bangka yang terdiri dari ikan, daun kunyit, dan bumbu rempah lainnya yang di masak dalam kuah santan. Rasanya yang kaya dan gurih membuat lempah kuning menjadi makanan favorit di Pangkalpinang.

5. Kemplang

Kemplang adalah camilan khas Bangka yang terbuat dari ikan tenggiri yang di asinkan, kemudian di panggang atau di goreng hingga kering. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kemplang menjadi camilan yang populer di Pangkalpinang.

6. Martabak Bangka

Martabak Bangka adalah varian martabak yang terkenal di Pangkalpinang. Ini biasanya terbuat dari adonan tebal yang di isi dengan campuran telur, daging cincang, dan bumbu rempah lainnya. Martabak Bangka seringkali di sajikan dengan acar dan saus pedas.

7. Kue Apem Bangka

Kue Apem adalah kue tradisional Bangka yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula merah. Ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, serta seringkali di beri taburan kelapa parut.

Simak juga : Rekomendasi Kuliner Bali Yang Jadi Favorit Semua Orang

8. Sop Ikan

Sop Ikan adalah hidangan yang terdiri dari irisan ikan segar yang di masak dalam kuah bening yang kaya rempah. Ini biasanya di sajikan dengan tambahan tomat, daun bawang, dan bawang goreng untuk memberikan cita rasa yang segar dan lezat.

9. Es Durian Bangka

Durian merupakan buah favorit di Bangka Belitung, dan Es Durian Bangka adalah hidangan penutup yang wajib di coba bagi para pecinta durian. Es ini terbuat dari daging durian yang di haluskan dan di campur dengan susu kental manis, es serut, dan kadang-kadang di beri tambahan biji selasih atau sagu mutiara.

10. Sate Bangka

Sate Bangka adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang di potong kecil-kecil, kemudian di tusukkan dalam tusukan bambu, dan di panggang dengan bumbu kacang yang kaya rempah. Biasanya di sajikan dengan nasi hangat dan lontong.

11. Kue Jongkong

Kue Jongkong adalah kue tradisional Bangka Belitung yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula pasir, dan santan. Ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, seringkali di beri tambahan taburan wijen di atasnya.

12. Kue Kemplang Goreng

Kue Kemplang Goreng adalah varian kemplang yang di goreng hingga renyah. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan yang cocok di nikmati di tengah hari.

13. Nasi Lemak Bangka

Nasi Lemak Bangka adalah hidangan nasi yang di masak dengan santan dan biasanya di sajikan dengan lauk-pauk seperti telur rebus, ayam goreng, ikan asin, dan sambal. Hidangan ini sangat cocok untuk sarapan atau makan malam.

14. Soto Bangka

Soto Bangka adalah hidangan sup yang terbuat dari kaldu ayam atau daging yang di sajikan dengan tambahan bihun, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Rasanya yang hangat dan gurih membuat soto Bangka menjadi pilihan yang populer di Pangkalpinang.

15. Pindang Patin

Pindang Patin adalah hidangan ikan patin yang di masak dengan bumbu rempah khas Bangka Belitung. Rasanya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini menjadi favorit di Pangkalpinang.