Ulul Azmi

1
41

ULUL AZMI
Dari 25 nabi dan rasul yang kita imani, ada 5 orang nabi dan rasul yang mendapat gelar “Ulul Azmi” yang artinya teguh pendirian, teguh dalam memegang prinsip, sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah baik yang ringan maupun yang berat. Nabi Ulul Azmi adalah mereka yang memiliki keuletan dan ketangguhan yang luar biasa dalam menjalankan misi dakwahnya. Yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah:
1. Nabi Nuh AS
2. Nabi Ibrahim AS
3. Nabi Musa AS
4. Nabi Isa AS
5. Nabi Muhammad SAW
Selain sebagai nabi Ulul Azmi, mereka juga dibekali oleh Allah berupa Mukjizat, yakni kemampuan istimewa yang dimiliki oleh nabi dan rasul dan tidak dapat ditiru oleh siapapun sebagai penguat atas kenabiannya. Mukjizat tidak bisa dikeluarkan sesuka hati tanpa izin Allah. Mukjizat para nabi Ulul Azmi antara lain:
a. Nabi Nuh AS, mukjizatnya dapat membuat kapal yang besar (bahtera) ketika banjir bandang tiba demi menyelamatkan umatnya yang beriman termasuk sepasang hewan-hewan.
b. Nabi Ibrahim AS, mukjizatnya todak hangus dibakar oleh kepungan api Raja Namrud.
c. Nabi Musa AS, mukjizatnya memiliki tongkat yang dapat berubah menjadi ular besar, membelah laut merah, serta telapak tangannya dapat keluar sinar yang meyilaukan.
d. Nabi Isa AS, mukjizatnya membuat burung dari tanah kemudian hidup, menyembuhkan berbagai penyakit seperti lepra, kusta, dan buta, dapat menghidupkan orang yang telah mati walau hanya sesaat, dan dapat menurunkan makanan dari langit ketika diminta kaumnya.
e. Nabi Muhammad SAW, dapat membelah bulan menjadi dua, dari selah-selah tangannya dapat keluar air, dan mukjizat yang terbesar adalah kitab suci Alquran sebagai pedoman umat manusia yang lengkap dan sempurna serta terjaga keasliannya hingga akhir zaman.

Semoga dapat bermanfaat

1 KOMENTAR

  1. Karena postingan kamu ini, maka mulai sekarang blogsiswa.com saya tambahkan satu kategori “Rangkuman Pelajaran” yang bisa kamu pilih saat menulis postingan yang berisi rangkuman-rangkuman pelajaran. InsyaAllah tulisan-tulisan seperti ini akan sangat bermanfaat. 🙂

LEAVE A REPLY