Sumpah Pemuda dan Keragaman Budaya

0
9

Hai kawann.., akhirnya bisa bertemu lagi dengan Auliya. Setelah sekian lama akhirnya artikel ini muncul juga ya., maafin yaa. Ini karena Auliya kemaren lagi fokus pts gitu, terus setelah akhir pts lagi ada masalah samajaringan, untung sekarang dah kelar. Ehh, jadi curhat nihh..

Oke, kawann. Langsung aja, sekarang ini kita akan membahas tentang Sumpah Pemuda dan Keragaman Budaya. Soempah Pemoeda merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang berisi ikrar yang berbunyi:

  1. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.
  2. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjnjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober bukan hanya menggerakkan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda.

Sumpah Pemuda memiliki makna yang sangat mendalam. Dan sumpah pemuda juga yang menjadikan perbedaan dapat disatukan. Walaupun sumpah pemuda terjadi pada zaman dahulu, namun masih ada banyak nilai-nilai lihur yang masih bisa kita amalkan. Salah satunya adalah “Dapat menerima dan Menghargai Perbedaan”

Perbedaan latar belakang daerah, suku, dan agama peserta konggres pemuda tidak menyurutkan tekad pemuda untuk bersatu. Berbagai perbedaan bukan dipermasalahkan melainkan untuk diterima dan dihargai sebagai sebuah kekayaan bangsa Indonesia. Pemuda penerima dan menghargai perbadaan demi terwujudnya datu bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Sebagai pelajar, kita tentunya harus meneruskan apa yang bisa memersatukan bangsa kita dan awal bersatunya suku-suku bangsa Indonesia merupakan langkah pertama yang pas untuk memersatukan budaya Indonesia. Dalam hal ini, memersatukan bukan berarti mencampur aduk keragaman budaya, seperti tradisi adat di Indonesia. Namun merupakan ‘mengakui keragaman budaya Indonesia dan menjadikan hal itu sebagai sebuah kekayaan bangsa yang sangat berharga’.

Pengamalan nilai luhur sumpah pemuda seharusnya mengantarkan kita untuk bersatu di atas semua perbedaan yang ada bukan malah mempermasalahkan setiap perbedaan. Kebudayaan adalah salah satu permata Indonesia yang tidak akan dimiliki oleh negara lain. Budaya adalah harta karun milik Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan oleh seluruh masyrakat Indonesia terutama oleh pelajar karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa.

Lalu apa hubungan sumpah pemuda dengan keragaman budaya Indonesia? Jika inti dari sumpah pemuda adalah bersatu di atas semuda perbedaan berarti untuk pelajar zaman now kita harus bisa berteman baik dengan teman yang berbeda suku, golongan, agama, dan ras karena itu semua bukanlah penghalang bagi kita untuk mulai membangun sebuah tali persaudaraan. Setiap suku dari setiap daerah memiliki budaya tersendiri tentunya dan budaya itu bisa seperti tarian, rumah adat, pakaian adar, tradisi, bahasa daerah, alat musik, dan lainnya.dengan menghargai budaya daerah lain maka rasa persatuan pun semakin bertambah, apalagi jika ada yang mau ikut menjaga, mempelajari, atau melestarikan budaya di Indonesia, itu akan mencerminkan sikap peajar yang mencintai budaya nasional Indonesia.

itulah kawan mengenai bahasan kita kali ini. Sampai bertemu lagi di artikel Auliya yang berikutnya ya. Daa, sayonaraa.

LEAVE A REPLY