SMART BEACH JALUR LINTAS SELATAN(JLS)

0
89

 

SMART BEACH JLS (Jalur Lintas Selatan)

Malang adalah kota yang dianugerahi dengan keindahan alam yang mempesona. Salah satunya terdapat destinasi wisata menarik yaitu pantai yang berjajar di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) yang terletak di Kabupaten Malang. Tentunya, tidak hanya satu pantai yang dapat dikunjungi karena di sepanjang Jalur Lintas Selatan(JLS) Malang memiliki pantai yang sangat banyak. Nama-nama pantainya yakni Balekambang, Bajul Mati, Batu Bengkung, Gua China, Ngudel, Pantai Kangen, Sendang Biru, Unggapan, dan Teluk Asmara. Destinasi wisata pantai tersebut memiliki keistimewaan dan keelokan tersendiri sehingga meningkatkan minat pengunjung untuk datang dan menikmati pesona pantai.

 

Terkait beberapa hal tersebut, tertuang gagasan Smart Beach yang dapat diartikan sebagai “pantai cerdas” untuk diterapkan di Jalur Lintas Selatan (JLS) Malang. Smart Beach adalah sebuah konsep pantai cerdas yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk melakukan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam khususnya pantai dengan memberikan pelayanan dengan lebih optimal, efisien, dan efektif  kepada para wisatawan serta memudahkan para pengelola pantai. Dengan menciptakan sebuah aplikasi “Smart Beach” yang berisi fitur canggih mengenai kendali informasi pantai, aktivitas pantai, serta pelayanan umum yang terdapat di pantai.

Manfaat Smart Beach Jalur Lintas Selatan (JLS) :

1. Memudahkan pihak pengelola pantai di Malang Selatan dalam memantau segala aktivitas pengunjung pantai serta dapat menjawab segala kebutuhan pengunjung pantai.

2. Memudahkan para wisatawan untuk mengakses informasi melalui gadget, meminta pelayanan umum seperti pelayan medis, pelayanan restoran makanan laut dan lain-lain.

3. Mempercepat pengelola pantai dalam menangani masalah yang terjadi, mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan dan dapat dengan mudah memonitor kondisi pantai

Smart Beach JLS merupakan salah satu solusi canggih dan modern di era sekarang dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memudahkan wisatawan dan pengelola pantai, membuat nyaman, meningkatkan pendapatan pantai, serta dapat mewujudkan pantai cerdas untuk mendukung pembangunan pantai yang berkelanjutan.

 

Dina Novita Sari

Siswa kelas 12 Bahasa di SMAN 1 Kepanjen

LEAVE A REPLY