Sisi Tersembunyi Merkurius

1
59

Hai sobat, kali ini Auliya akan menceritakan kembali, apa yang telah aku temukan dalam buku “BSD Anna Martina”. Dan yang akan Aku ulas adalah tentang “Sisi Tersembunyi Merkurius”. Langsung aja ya sobat!

Wahana Messenger milik badan antariksa AS (NASA) sukses memotret bagiantersembunyi planet Merkurius. Bagian tersembunyi ini telah mengundang tanda tanya bagi para astronom selama lebih dari tiga puluh tahun.

Pada salah satu foto terbaru-jika kita melihatnya, dapat terlihat permukaan Planet Merkurius yang belum pernah terekam sebelumnya, penuh dengan kawah berukuran kecil. Kawah tersebut masing-masing berdiameter kurang dari 1,6 kilometer, dan memenuhi area seluas hingga 482 kilometer persegi.

Sebagian kawah tersebut ada di dalam satu lingkaran kawah yang lebih besar, sehingga disebut kawah dua cincin, yang dikenal dengan sebutan Kawah Vivaldi. Vivaldi adalah nama komposer Italia. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa search di google ya sobat tentang biografi atau foto Vivaldi. Bentuk kawah yang unik itu direkam pertama kali pada tahun 1970-an, pada saat Mariner 10, wahana pertama pengintai Merkurius, berkunjung.

Wahana messenger memotret kawasan tersebut secara lebih jelas menggunakan kamera berlensa pendek. Foto-foto yang telah dikirimkan Messenger meliputi setengah dari 55% bagian permukaan merkurius yang belum direkam Mariner 10.

          Selain meneliti permukaan Planet Merkurius, Messenger (Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging)membawa tujuh instrument yang akan mengukur data-data kimia atmosfer, medan megnetik, dan data-data lainnya. Wahana tersebut harus melakukan lentingan dua kali lagi sebelum menempatkan diri ke orbit optimumnya di Planet Merkurius pada tanggal yang direncakan, yaitu tanggal 18 Maret 2011.

Itu dia sobat, aku hanya menceritakan kembali apa yang telah aku baca di buku “BSD Anna Martina” yang berjudul “Aku Makin Tahu Tentang PLANET MERKURIUS, VENUS, DAN MARS”. Sekian sobat. Jangan bosan dan pantau artikelku yang berikutnya ya! Jumpa lagi sobat!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY