Si Imut dari China

0
28

Terdengar dari negara asalnya, pasti teman-teman udah tahu apakah hewan yang aku maksud, yak benar sekali binatang yang aku maksud adalah panda. Si hewan imut nan menggemaskan ini berasal dari China. Panda memiliki bulu yang sangat khas, yaitu hitam dan putih. Panda merupakan symbol pelestarian alam oleh WWF (World Wild Foundation), karena panda merupakan spesies yang paling unik dari keluarga beruang. Wiuh… hebat banget si panda.

Tempat hidup panda pasti udah tahukan? Yups benar sekali, tempat hidup panda ada di China lebih tepatnya di bagian tengah-selatan China. Mereka hidup di beberapa barisan pegunungan di Prvinsi Sichuan, Shaanxi, dan Gansu. Panda tinggal di hutan bamboo dan pohon jarum yang sangat lebat dengan pada ketingguan 1.200-3.400. Mereka adalah binatang penyendiri dan tersembunyi di alam bebas sehingga sangat sulit untuk melihatnya di alam bebas. Mereka menghabiskan waktunya hanya untuk makan, makanannya tidak lain adalah bambu. Kamu vegetarian banget nda, hahaha.
Pohon bambu pada masa sekarang semakin berkurang, hal ini dikarenakan bambu adalah tumbuhan unik yang berbunga selama berpuluh-puluh tahun, tetapi setelah berbungan makan pohon bambu akan mati. Sehingga untuk bertahan hidup, panda harus berpindah ke tempat yang bambunya sedang berbunga. Selain itu, masalah ini juga ditimbulkan oleh manusia, manusia merusak hutan tempat tinggal panda. Tidak hanya itu, si panda juga terancam dengan perburuan liar dan eksploitasi hutan yang menghancurkan habitatnya.

Usaha pelestarian panda sebagai bintang internasional tidak sembarangan. Berbagai upaya pelestarian bagi panda dilakukan oleh Pemerintah China untuk menjaga kelestarian habitat alam panda. Salah satunya adalah pusat pengembangbiakan panda telah dibangun di Taman Nasional Wolon. Selain itu hukuman bagi perburuan panda juga digalakkan.

Info unik:
Sekitar 150.000 hektar hutan telah dipergunakan sebagai tempat perlindungan panda di Provinsi Sichuan China.
Panda mengonsumsi 9 spesies/jenis bamboo yang berbeda sesuai dengan tempatnya.

LEAVE A REPLY