Fakta Menarik Tentang Gaya Hidup & Kuliner

Rekomendasi Kuliner Khas Manado Terenak

Rekomendasi Kuliner Khas Manado

Rekomendasi Kuliner Khas Manado Terenak – Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu destinasi kuliner yang menarik di Indonesia. Dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya dan lucky neko pengaruh budaya yang kaya, Manado menawarkan berbagai hidangan yang unik dan lezat. Berikut adalah beberapa kuliner khas Manado yang patut dicoba

Kuliner Khas Manado

Bubur Manado

Bubur khas Manado terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan biasanya disajikan sweet bonanza dengan ikan tongkol atau cakalang. Rasanya gurih dan lezat, cocok untuk disantap sebagai sarapan atau camilan.

Tinutuan

Tinutuan adalah semacam bubur sayur khas Manado yang terdiri dari campuran berbagai jenis sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan labu. Biasanya disajikan dengan sambal roa (sambal dari ikan cakalang).

Cakalang Fufu

Cakalang fufu adalah hidangan starlight princess 1000 ikan cakalang yang di asinkan dan kemudian di panggang atau di goreng. Hidangan ini sering di sajikan dengan nasi kuning atau nasi putih dan sambal roa.

Woku Belanga

Woku belanga adalah hidangan ikan atau ayam yang di masak dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Biasanya dimasak dalam periuk tanah liat (belanga) untuk memberikan aroma yang khas.

Pallubasa

Pallubasa adalah semacam sup khas Manado yang terbuat dari daging sapi atau babi yang di masak dengan santan dan rempah-rempah seperti lengkuas dan daun bawang. Biasanya di sajikan dengan ketupat atau nasi.

Brenebon

Brenebon adalah sup kacang merah dengan tambahan daging sapi, babi, atau kadang-kadang juga di gabung dengan tulang babi. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan gurih, cocok di santap dengan nasi putih.

Ikan Rica-Rica

Rica-rica adalah hidangan pedas khas Manado yang terbuat dari ikan (biasanya ikan tongkol atau ikan kakap) yang di masak dengan bumbu cabai, bawang, dan tomat. Rasanya pedas dan segar, cocok untuk penyuka makanan pedas.

Pangi

Hidangan yang terbuat dari jeroan babi yang di masak dengan santan, kemiri, dan bumbu-bumbu lainnya. Pangi memiliki cita rasa yang unik dan sangat lezat.

Sayur Bambu

Sayur yang terbuat dari rebung bambu muda yang di masak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya di sajikan dengan ikan atau daging.

Simak juga : Rekomendasi Kuliner Khas Padang Wajib di Cicipi

Tinutuan

Bubur sayur khas Manado yang terbuat dari campuran  berbagai jenis sayuran seperti kacang panjang, labu, bayam, dan kangkung yang di masak dengan santan.

Ikan Bakar Rica

Ikan yang di bakar dengan bumbu rica-rica yang pedas dan aromatik. Rasa ikan yang segar dipadu dengan kepedasan bumbu membuat hidangan ini sangat populer.

Klappertaart

Dessert khas Manado yang terbuat dari kelapa parut, gula, telur, susu, dan tepung maizena. Klappertaart memiliki tekstur yang unik dan rasa yang manis serta gurih.

Brenebon

Sup kacang merah yang di masak dengan daging sapi, babi, atau kadang-kadang di sertai dengan tambahan tulang babi. Brenebon sangat cocok di nikmati pada hari-hari yang sejuk.

Paniki

Hidangan berbahan dasar burung kelelawar yang di masak dengan santan dan rempah-rempah. Meskipun terdengar eksotis, paniki memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang unik.

Es Cendol Manado

Minuman segar yang terbuat dari cendol (butiran tepung beras hijau), santan, gula merah cair, dan es serut. Es cendol Manado sangat menyegarkan, terutama di cuaca panas.

Exit mobile version