Ragam Pesona dari Negeriku Indonesia

0
18

Ragam Pesona dari Negeriku Indonesia

Apa kira-kira, yang terlintas dipikiran kalian jika mendengar kata Indonesia? Mungkin dari kalian akan berpikir Indonesia itu kaya akan budayanya, SDAnya, bahasanya.Terkenal karena seribu pulaunya dan masih banyak lagi.
Tapi terlepas dari semua itu. Kalian tahu gak sih, bahwa Indonesia itu punya beragam pesona? Nah salah satunya adalah ragam flora fauna.Indonesia juga punya ragam flora fauna endemis lho!!! Ngomong-ngomong kalian tahu gak, apa sih endemis itu? Menurut kamus bahasa Indonesia, endemis mempunyai makna sesuatu yang hanya terdapat di tempat tertentu artinya sesuatu itu belum tentu ada di tempat lain.Jadi jika Indonesia mempunyai flora fauna endemis maka Indonesia punya ragam flora fauna yang tidak terdapat di tempat lain.Nah jika kalian sudah mengerti tentang arti endemis lanjut yuk untuk pembahasan ragam flora fauna di Indonesia yang lebih spesifik lagi.
Persebaran flora dan fauna di Indonesia terbagi atas 3 kawasan atau wilayah. Apa sajakah itu?
Untuk persebaran flora, terbagi atas 3 wilayah atau kawasan yaitu
1. Flora bercorak Asiatis yang terdapat di kawasan Indonesia bagian barat.
2. Flora bercorak Peralihan asiatis australis di kawasan Indonesia bagian tengah.
3. Flora bercorak Australis di kawasan Indonesia bagian timur.
Sedangkan untuk persebaran fauna, juga terbagi atas 3 wilayah atau kawasan yaitu
1. Fauna yang berada di sebelah barat garis Wallace yang bertipe Asiatis.
2. Fauna yang berada di antara garis Wallace dan Weber yang bertipe peralihan.
3. Fauna yang berada di sebelah timur garis Weber yang bertipe Australis
Flora bercorak Asiatis banyak ditemukan di kawasan Indonesia bagian barat meliputi Pulau Sumatra,Jawa,dan sebagian pulau Bali. Contoh tumbuhannya seperti: mangrove, jati, meranti, bunga rafflesia arnoldi.dan sebagainya. Lanjut ke flora bertipe peralihan dan Australis.
Flora bercorak Peralihan banyak ditemukan di kawasan Indonesia bagian tengah meliputi Pulau Kalimantan,Sulawesi, sebagian Pulau Bali , Nusa tenggara, dan Maluku. Disini juga banyak ditemukan tanaman endemis Contoh seperti: lontar, tanaman sabana, stepa, serta tanaman rempah-rempah.
Flora bercorak Australis banyak ditemukan di kawasan Indonesia bagian timur meliputi Pulau Papua dan sekitarnya.Contoh tanamannya seperti tanaman matoa,buah merah, serta tanaman minyak kayu putih. Kita lanjut ke ragam fauna.
Seperti yang kita bilang tadi ragam fauna terbagi atas 3 kawasan yaitu
Fauna bertipe Asiatis banyak ditemukan di daerah Pulau Sumatra,Jawa, dan Kalimantan.Contoh: Gajah,harimau,badak bercula satu,badak dan lainya.
Fauna bertipe peralihan banyakditemukan di daerah kawasan Indonesia tengah yang meliputi Pulau Sulawesi dan Nusa tenggara. Di daerah ini banyak ditemukan satwa endemis seperti komodo,anoa,bekantan, tapir dan lainnya.
Fauna bertipe Australis banyak ditemukan di daerah kawasan Indonesia timur yang meliputi Pulau maluku dan Papua. Contohnya burung kakatua,burung maleo, burung cendrawasih dan masih banyak lagi.
Selain itu Indonesia juga punya flora fauna yang dijadikan simbol atau maskot lho!Mau tahu simak penjelasannya Untuk flora Indonesia memilih 3 bunga yaitu Rafflessia Arnoldi sebagai Puspa Langkah, Anggrek dari jenis bulan sebagiai Puspa Pesona,serta simbol kesucian yaitu Bunga Melati sebagai Puspa Bangsa. Sekara kita lanjut ke fauna yuk!!! .Untuk fauna, Indonesia mempunyai Komodo sebagai Satwa Bangsa, Burung Elang Jawa sebagai Satwa langka,dan Ikan Arwana sebagai Satwa pesona.
Perlu dicatat, flora fauna disini dipilih karena untuk mewakili karakter Bangsa Indonesia. Jadi jangan heran ya, jika bangsa Indonesia memilih flora fauna tersebut.
Sekarang sudah tahu kan ragam flora faunanya Indonesia , kita sebagai kusuma bangsa harus bisa menjaga keanekaragaman ini. Jika tidak dijaga mungkin keanekaragaman ini akan hilang dan punah. Kita juga harus rajin membaca karena membaca itu bagaikan penghubung ke dunia ilmu yang sangat luas. Artikel ini semoga bermanfaat ya. Sampai Jumpa.

LEAVE A REPLY