PLUTO SI PLANET KATAI

4
29

Pada blog tentang pengertian planet kerdil, saya telah membahas sedikit alasan mengapa Pluto berubah statusnya. Kini, saya akan mendiskripsikan lebih mendalam tentang si Pluto bersumber dari buku yang sama yaitu PLANET MERKURIUS, VENUS, DAN MARS.
Pluto berjarak 5.906.000.000 km atau sekitar 6M km dari bumi. Dulu kala Pluto diklasifikasikan sebagai planet kesembilan dalam tata surya. Nama resmi Pluto adalah 134340. Hmmmt, nama resminya susah dihafalkan.

Pada tahun 1978, Pluto diketahui memeiliki satelit yang berukuran tidak terlalu kecil darinya. Satelit tersebut diberi nama Charon, Charon memiliki diameter 1.196 km). kemudian, ditemukan lagi dua satelit lainnya yang diberi nama Nix dan Hydra.
Tujuh Puluh lima tahun sejak ditemukannya Planet Pluto masih diliputi misteri. Misteri apakah yang menyelimuti Planet Pluto? Belum ada yang tahu. Saat ini sebuah wahana tanpa awak, New Horizons telah diluncurkan untuk meneliti Pluto. Wahana ini diperkirakan alan mendekati Pluto dalam jarak terkecil pada bulan Juli 2015.

Sebelum tanggal 24 Agustus 2006, Pluto berstatus sebagai sebuah planet terkecil dan terjauh urutan kesembilan dari matahari. Pada tanggal 24 Agustus 2006, dalam sebuah pertemuan Persatuan Astronomi Internasional, 3.000 ILMUWAN astronomi memutuskan untuk mengubah satatus Pluto dari planet menjadi planet katai.

Pada tanggal 7 September 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaitu 134340. Nama ini diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisani resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tenatng asteroid daln komet dalam tat surya. Meskipun nama Pluto diganti dengan nomor 134340, tetapi nama Pluto masih digunakan.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY