Pentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba Untuk Anak Usia Dini

4
66

Sosialisasi adalah merupakan sebuah proses pemberiatuhuan, penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok ataupun masyarakat. Sosialisasi biasa disebut sebagai teori mengenai peranan (role theory) karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh seseorang individu ataupun kelompok di dalam kehidupan bermasyarakat (sosial).

Sumber:eensiklopedia indonesia

Narkoba (narkotika dan obat/bahan atau dikenal juga dengan NAPZA (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) telah lama dikenal sebagai musuh manusia yang paling berbahaya. Sebagai zat atau bahan yang bersifat adiktif mampu menjerat jutaan orang untuk mengkomsumsikannya. Yang dimaksud dengan narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebakan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Indonesia, Aceh khususnya pada saat ini tercatat sebagai daerah darurat narkoba. Berdasarkan data yang saya dapatkan dari dinas BNNP Aceh, bahwa hamprir 30-40 orang meninggal setiap harinya akibat dampak penyalahgunaan narkotika ataupun narkoba. Dan oleh karna itu perlu suatu kebijakan dan tindakan yang konkrit untuk dilaksanakan dan dijalankan oleh baik itu mulai dari tingkat pemerintahan tingkat atas dan juga pemerintahan tingkat bawah serta tokoh-tokoh didalam kehidupan bermasyarakat. Dan yang lebih utama adalah sangat diharapkan keterlibatan dan keikutsertaan guru di sekolah, serta peranan orang tua untuk mengontrol, mendidik, serta menanamkan nilai, moral, dan norma kepada anak semenjak usia dini.

Didalam kenyataan kehidupan sehari-hari, bahwa saat ini suda banyak yang kita lihat pengguna narkoba itu sendiri adalah siswa, pelajar, dan juga mahasiswa (anak didik). Itu artinya menunjukan suatu dampak buruk bagi generasi-genersi muda bangsa kita dan akan merusak sebuah bangsa. Dan sebagaimana pula yang kita tahu bahwa narkoba biasa mengenai siapa saja dan tidak mengenal status dan usia.

Oleh karna itu, saya rasa ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi saya untuk dapat menuangkan ilmu yang saya miliki kepada anak-anak, siswa-siswi, dan para pelajar (anak didik) warga gampong keutapang sanggeu, untuk memberikan sedikit ‘’Sosialisasi pentingnya pendidikan dan bahaya Narkoba’’.

a. Maksud, Tujuan, dan Sasaran yang Ingin Dicapai
Maksud dari kegiatan ini yaitu untuk membantu anak-anak dan pelajar agar lebih memahami bahwa akan pentingnya pendidikan dan bahaya narkoba. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan supaya para remaja, pelajar dan anak-anak lebih paham dan mengerti akan bahayanya narkoba atau dampak dari narkoba itu sendiri.
Tujuan dari kegiatan ini yaitu ingin memberikan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan dan dampak dari narkoba itu sendiri, sehingga para pelajar dan anak-anak dapat menganalisa lebih jauh untuk keselamatan kesehatan dan juga masa depan yang lebih cerah.Sasaran yang ingin dicapai yaitu para remaja, anak-anak.

b. Hasil yang Dicapai dan Tindak Lanjut
Sosialisasi dilakukan dengan cara mengunjun, sekolah baik SD, dan SMP. Dan pemaparan materinya langsung kepada siswa de, Dengan menggunakan sedidikit alat bantu informasi laptop dan infokus untuk pemutaran documenter/film tentang narkoba musuh manusia dan dapat merusak generasi muda. Keikut sertaan para dewan guru dan juga anak-anak yang sanggat antusias dan mau mendengarkan penjelasan materi sangat membantu dalam kelancaran kegiatan ini.
Untuk tindak lanjutnya, diharapkan para murid/pelajar  lebih memahami dampak dari narkoba dan sejenisnya. Dan juga sangat diharapkan agar anak-anak bisa memilah ataupun memilih untuk lebih jeli bergaul dan juga beradaptasi dengan lingkungan ia berada. Dan selain itu terlebih utama lagi tidak terlapas dari pengontrolan orang tua.dan disamping itu pemateri juga sangat mengharapkan dengan adanya kunjungan silaturahmi mengadakan program sosioalisasi tentang pentingnya pendidikan dan bahaya narkoba ini dapat menjadi pelajaran dan mampu diterapkan secara baik dan benar oleh anak-anak dalam kehidapan lingkungan ia berada.

c. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
1) Faktor Pendukung
a) Tersedianya rumah sekolah sebagi tempat sosialisasi
b) Keinginan dari kepala sekolah dan serta dewan guru di sekolah
c) Dukungan dan bantuan dari anggota kelompok dan juga tokoh-tokoh masyarakat
2) Faktor Penghambat
a) tidak adanya penyediaan infokus di tempat (sekolah)

Disini saya menjelaskan kepada anak-anak tentang sosialisasi tentang pentingnya pendidikan dan bahaya narkoba

Setelah saya menjelaskan tentang pentingnya pendidikan dan bahaya narkoba,kemudian saya memperlihatkan satu video tentang bahaya narkoba .

Setelah saya memperlihatkan video tentang bahaya narkoba kepada mareka, kemudian saya meminta  untuk menulis kesimpulan apa yang bisa didapatkan hasil dari video yang mareka tonton.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY