Pentingnya Organisasi Budi Utomo

0
45

PENTINGNYA ORGANISASI BUDI UTOMO
Hai……
Salam Literasi…..
Pada kali ini aku akan memberikan tentang materi pelajaran PPKNku di sekolah, yaitu Budi Utomo.
Budi Utomo merupakan organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908, yang digagaskan oleh Dr. wahidin Sudirohusodo.
Budi Utomo berasal dari bahasa Sangsekerta, yaitu bodhi berarti keterbukaan jiwa, pikiran, kesadaran, akal, atau pengadilan. Adapun kata utomo berasal dari utama. Jadi, Budi Utomo berarti tingkat pertama atau sangat baik.
Pergerakan Budi Utomo bersifat social, ekonomi, dan kebudayaan tetap tidak bersifat politik. Berdirinya organisasi ini bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Dimasa sekarang tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (20Mei).
Program Budi Utomo adalah mengusahakan perbaikan pendidikan dan pengajaran. Sebagai organisasi pelajar yang berintikan pelajar STOVIA, gerakan Budi Utomo pada awalnya terbatas pada Jawa dan Madura. Pada 5 Oktober 1908, Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta, dan berhasil menetapkan tujuan organisasi, yaitu: kemajuan yang harmonis antara bangsa dan Negara, terutama dalam memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, dagang, teknik, industry, dan kebudayaan.
R.T. Tirtokusumo terpilih sebagai ketua Budi Utomo. Budi Utomo menetapkan tujuannya, yaitu menyadarkan masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dan penduduk Hindia tanpa membeda-bedakan.
Bangsa yang terhormat adalah bangsa yang memiliki derajat sama dengan bangsa lain. Pergerakan Budi Utomo memperlihatkan keinginan bangsa Indonesia untuk bangkit menjadi bangsa terhormat dan dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain. Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang memperjuangkan cita-cita nasional.
Besarnya pengaruh pergerakan Budi Utomo dalam perjuangan kmerdekaan Indonesia, Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

LEAVE A REPLY