Pemilu masa kini berbasis Teknologi modern

0
40

Pemilu Masa Kini Berbasis Teknologi Modern
Indonesia negara kesatuan berideologi pancasila mengedepankan demokrasi menjunjung hak dan kewajiban warga negara, hak kita dalam berpendapat bebas menetukan hak suara kita, kewajiban ikut serta mengamankan pemilu tahun ini. Jumlah suara dalam pemilu atau pun pemilihan legislatif mengalami jumlah penurunan suara. Maka pemerintah lebih baik menerapkan metode baru dalam pemilu saat ini misalnya dengan pemilihan umum melaui internet atau online.
Kali ini pembahasannya adalah pemilu online atau eleltrik, kecanggihan teknologi dapat mengedepankan bangsa demokrasi ini. Pelaksanaan pemilihan presiden dan wapres ini dapat dilakukan t elektrik vote, setiap warga negara akan menyumbangkan satu vote suara mereka secara online, dengan metode ini kita dapat mengurang jumlah GOLPUT. Metode ini memiliki keuntungan dan juga kerugian dalam proses pengambilan suaranya.
Pemilu elektrik atau elektrik vote ini sudah cukup banyak diterapkan berbagai negara di asia salah satunya adalah india menerapkan elektrik vote ini sudah cukup lama. India sukses melaksanakan elektik vote ini.Langkah awal dari penerapan elektrik vote ini dengan cara pendataan setiap kepala keluarga yang dipandu oleh petugas kelurahan untuk mengetahui jumlah pemilih saat diadakannya Pemuilu online, dan pada waktu pemilihan setiap warga akan melakukan scan sidik jari agar lebih akurat dan sebagai bukti bahwa telah memilih dalam pemilihan umum.
Bagaimana jika jumlah golput semakin banyak di negara demokrasi ini sedangkan jumlah hak suara dari setiap warga Indonesia adalah suara yang menentukan nasib bangsa Indonesia dikemudain hari, padahal dalam undang undang dasar sudah dinyatakan pada ketentuan Pasal 23 ayat (1) UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dinyatakan bahwa Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya. Lebih lanjut menurut ketentuan Pasal 43 ayat (1), dinyatakan bahwa Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
Dari kutipan pasal diatas sudah dijelaskan bahwa setiap warga indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama serta kedudukan yang sama di mata politik. Penerapan pemilu online ini salah satu caara agar memudahkan pemerintah dalam perhitungan suara yang sudah dipilih masyarakat. Pemilihan online juga sangat praktis apalagi didukung dengan kecanggihan teknologi saat ini. Serta kita menghemat kertas dan tidak menebang pohon lagi untuk kertas yang diguanakan untuk pemilihan umum. Namun tidak lupa dampak negatif dari pemilu online sendiri membutuhkan modal yang banyak untuk pembelian alat yang canggih serta mumpuni untuk digunakan pada waktu pemilihan umum. Tetapi Kita mampu untuk menjunjung demokrasi ini sesuai UUD dan Pancasila. Mari kita bagun negeri ini bersama dengan pemimpin yang adil. Hak suara anda sangat dibutuhkan bangsa ini.

Salsabila Atikasari

Siswa kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen

LEAVE A REPLY