Tema : Bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan Internasional

ORASI

Assalamualaikum wr. wb.
Salam Budaya!!!

Bahasa merupakan tonggak utama dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya bahasa pergaulan nasional maupun internasional. Seperti yang kita ketahui dalam berbagai negara terdapat berbagai bahasa yang beragam budaya yang beragam. Kita sebagai bangsa Indonesia tidaklah asing dengan istilah bahasa walaupun dalam satu negarapun Indonesia memiliki beragam bahasa dan budaya. Bahasa yang sangatlah memiliki kesopanan dan mudahlah dipelajari hanyalah satu yaitu Bahasa Indonesia.maka tak heranlah kalau Bahasa Indonesia menjadi bahasa pergaulan Internasional. Di antara atau di sebagian dari kita pastilah merasakan gegap gempitnya bahasa pergaulan Internasional yang di pelajari,dikembangkan serta di lestarikan oleh seluruh penjuru dunia.

Bahasa yang begitu biasa,rutinitas tapi kalau telah terbang ke mancanegara akanlah menjadi sangat luar biasa. Bukanlah waktu yang panjang untuk ukuran bahasa, namun seberapa pentingnya proses dan target. Menurut saya Bahasa Indonesia telah layak dan pantas untuk dijadikan Bahasa panutan, apalagi bahasa pergaulan. Apa salahnya jika Indonesia karena saat ini pun banyaklah para orang asing yang tak segan untuk mempelajari bahasa serta budaya Indonesia, yang artinya bahwa Indonesia telah di kenal oleh kalangan mancanegara. Pada saat ini lah masyarakat Indonesia berani mengambil sikap,memanfaatkan peluang dan momentum yang tepat dan hanya bermodal keberanian dan segala aspeknya untuk menyatakan bahwa Bahasa Indonesia bahasa Internasional.

Bahasa Indonesia bukanlah tujuan, tapi target. Keberadaannya adalah gerbang yang di dalamnya mengandung banyak impian. Indonesia telah di proklamirkan oleh pejuang masyarakat menjadikan Indonesia yang memiliki indentitas khas,yang menunjukkan dirinya berbeda tapi kami bukan pengekor yang menjadi modal menjadi Bahasa Internasional.Keberhasilan Indonesia telah mengundang para pesaing yang tak segan berperang merebutkan kedudukan sebagai Bahasa Internasional. Inferioritas cultural nyaris tak beranjak. Mentalitas inlander membuat sebagian kita minder. Namun, ini peluang untuk bangkit dan berani mengambil sikap kembali.

Kita sebagai pelajar harus memberi kontribusi positif.kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai talenta. Kenali diri kita,kenali lingkungan kita,kenali budaya kita,dan cintai Bahasa Indonesia.kita yakin Indonesia adalah negara terdidik yang mampu menjadi panutan,menjadi pandangan,dan menjadi Bahasa Internasional. Kita bisa karna kita mampu mencapai apapun cita cita yang kita impikan. Selalu cintai Bahasa Indonesia karna Bahasa inilah yang dapat menjadikan kebanggaan kita,mereka,Indonesia,dan Mancanegara.

Cintai Bahasa Indonesia
Di dalam jiwa yang kekal
Bismillah Indonesia bisa
Menuju Bahasa Internasional

Merdeka !!!

Wassalamualaikum wr. wb.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY