Orang Tua dan Mimpi

0
29

Pentingkah Doa dan Restu orang tua untuk kita dalam meraih mimpi?, jika hanya menjawab “Penting” maka hal tersebut merupakan kesalahan besar. Tidak hanya penting melainkan “Sangat Penting” untuk kita. Doa dan restu orang tua merupakan kunci utama dalam meraih mimpi. Tidak hanya mimpi, kesuksesanpun dapat diraih karena adanya doa dan restu orang tua.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua”Karena sibuknya kegiatan untuk mempersiapkan diri kejenjang yang lebih tinggi, siswa lebih memfokuskan diri untuk bayak berlatih baik bidang akademik maupun nonakademik. Kegiatan tersebut penting dilakukan para siswa mengingat akan banyaknya siswa yang memiliki impian serta mimpi yang mereka inginkan dan mereka wujudkan untuk masa yang akan datang. Hal tersebut membuat para siswa bekerja keras serta berlatih dengan giat untuk mewujudkan mimpi serta meraih impiannya.
Ketika siswa sudah fokus dengan apa yang siswa inginkan untuk meraih impian dimasa depan, jarang lagi terjadi interaksi oleh siswa bersama keluarga, apalagi bersama orang tua di rumah. Siswa yang mempersiapkan bekal untuk mimpi yang akan ia raih nantinya, akan lebih banyak melakuan kegiatan diluar rumah, seperti pada waktu pagi siswa akan bersekolah hingga sore, selain itu, akan ada tambahan bimbel di sekolah, ditambah lagi setelah kegiatan disekolah selesai, siswa akan mengikuti bimbel diluar sekolah hingga malam. Kegiatan tersebut tidak cukup dilakukan sehari atau dua hari saja, kegiatan tersebut bahkan akan dikakukan siswa hinga siswa sudah bisa mendapatkan apa yang siswa inginkan.
Jika orang tua bangga melihat hasil dari kerja keras siswa tersebut dalam mencapai impiannya terwujud, hal itu sangatlah wajar. Tidak ada orang tua yang ingin anaknya gagal dalam mencapai impinya. Orang tua akan selalu mendukung semua kegiatan siswa tersebut apabila kegitan tersebut berhubungan dengan hal positif apalagi menuju ke masa depannya. Tidak ada orang tua yang akan menjerumuskan anaknya ke hal yang negatif atau menyuruh anaknya untuk melakukan hal yang negatif.
Orang tua akan lebih bangga jika mereka melihat proses dalam meraih mimpi yang dilakukan oleh anaknya dibanding melihat hasil yang didapat.Tidak setiap kegitan yang dilakukan para siswa dalam mempersipkan bekal untuk meraih impianya tersebut mendapatkan doa dan restu dari orang tua. Orang tua sering tidak mengetahui kegiatan yang lakukan anaknya untuk meraih impiannya. Banyak juga, orang tua yang tidak mengetahui proses dari anaknya tersebut dalam meraih impian itu. Hal tersebut dikarenakan jadwal yang dimiliki anaknya tersebut sangat padat.
Adakalanya siswa tersebut berhasil dalam meraih mimpinya, namun adakalanya pula siswa tidak dapat meraih impianya karena berberapa hal yang sepele. Siswa sering melupakan keberadaan orang tua yang selalu mendoakannya. Siswa akan lebih sibuk pada kegiatannya yang sangat padat hingga siswa tak lagi peduli pada orang tuanya. Hingga, adanya kegagalan yang siswa alami membuat para siswa menyalakan orang tua yang dianggap tidak merestui dan mendoakan keinginan mereka dalam meraih mimpi. Hal yang dilakukan siswa tersebut sangatlah salah, mengingat tidak ada orang tua yang igin anaknya gagal.
Orang tua selalu mendoakan anaknya dalam segala hal tidak hanya dalam meraih mimpi, orang tua akan selalu mendoakan anaknya dalam keadaan apapun dimanapun dan kapanpun. Karena hal tersebut, seharusnya siswa lebih mengerti dan dapat mengatur waktu untuk bertemu dengan orang tua dan meminta doa serta restu untuk meraih mimpi dalam setiap kegiatan yang akan siswa tersebut lakukan. Restu orang tua sangat penting dalam kesuksesan dan keberhasilan yang siswa dapat. Terkadang doa dan restu dari orang tualah yang bisa membuka jalan menuju kesuksesan dan keberhasilan siswa kelak nantinya.
Karena pemandangan yang paling indah adalah ketika kita melihat orang tua kita tersenyum dan bangga atas hasil dari kerja keras kita.

Rosilia Ariyanti
Siswi XII Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen

LEAVE A REPLY