NENEK ROBOTIK

0
10

Oek ….oek….oek….tangisan kecil di malam hari saat itu memecahkan kesunyian malam yang semakin kelam. Disebuah rumah nun yang jauh terletak di bawah kaki bukit yang menjadi saksi kebahagian sebuah keluarga akan hadirnya sibuah hati yang di tunggu – tunggu. Si cantik yang di tunggu – tunggu dan yang diharapkan akhrinya lahir kedunia. Wajahnya yang cantik dan indah menghilangkan semua rasa yang dirasakan saat mengandungnya selama Sembilan bulan. Keluarga yang sedang berbahagia ini tinggal bersama tiga  orang anak laki – laki dan seorang anak perempuan beserta kedua ibu  bapaknya yang hidup di tempat yang masih memegang tradisi yang sangat kuat tentang adat istiadat dan keagamaan.

Dengan suasana alam pedesaan yang begitu indah dan damai, perlahan – lahan si cantik tumbuh dan besar bersama tiga orang saudara laki – lakinya. Seperti keluarga lainnya yang tinggal di desa, si ibu membesarkan anak – anaknya dan menyekolahkan mereka agar kelak bisa menjadi manusia yang berguna. si ibu yang begitu sabar dalam mendidik serta memelihara anak – anaknya agar menjadi orang besar suatu hari nanti dan tempat tumpuannya dihari tua.Berbekal dengan kepandaiannya memelihara hewan peliharaan, si ibupun bisa membuat si cantik yang rupawan menjadi seorang sarjana.

Beriring waktu, hari berganti hari , bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Norma – norma dan kaedah- kaedah yang ada di masyarakat sedikit demi sedikit mulai pudar dan bergerser. Suka tidak suka semua berjalan seiring waktu. Si cantik yang rupawan sekarang telah menjadi seorang sarjana meskipun ia terlahir dari keluarga yang tidak berpendidikan tinggi. Begitu bahagia kedua suami istri ini bisa memberikan yang terbaik untuk si cantik yang mereka cintai, walaupun tak kenal lelah mereka berusaha mencari uang agar si cantik bisa menjadi seorang sarjana.

Dengan berkembangnya ilmu teknologi yang pesat, pergeseran norma – norma dan kaedah – kaedah yang ada di masyarakat mulai memudar.Sicantik saat ini sudah menjadi seorang wanita karir dan mempunyai keluarga kecil.Dengan berlalunya waktu si ibu yang telah di tinggalkan oleh suami tercintanya, kini tinggal bersama sicantik dan keluarganya di rumah mungil mereka sekarang. Hari demi hari tak terasa waktu terus berlalu tanpa bisa kembali. Si ibu saat ini tinggal bersama si cantik dan mengurus anak – anaknya. Sebagai seorang wanita karir, tentu saja selalu dihadapkan kepada dua pilihan yang harus dipilih oleh si cantik. Harus bisa meminimalkan waktu untuk mengurus anak – anak dan keluarga serta harus juga menyelesaikan urusan kantor yang setumpuk. Tak terasa saat pergi  bekerja dengan pekerjaan rumah tangga yang belum sempat di selesaikan, mau tidak mau si ibu turut andil menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya tidak pernah lagi di kerjakannya karena bukan merupakan tanggung jawab si ibu.

Sepenggal kisah si cantik ini mengingatkan bahwa saat ini banyak diantara kita yang menjadi wanita pekerja di luar rumah karena banyak faktor yang menyebabkan dan mengharuskan untuk bekerja. Di sadari atau tidak, kebanyakan orang tua telah memainkan peranan kita sebagai ibu rumah tangga bahkan ada yang dengan sengaja memperlakukan mereka untuk di manfaatkan tenaganya karena tinggal bersama anak – anaknya.

Sebagai muslim yang taat beragama hendaknya kita harus memperhatikan kedudukan orang tua kita masing – masing karena di usia senja mereka , merekalah ladang amal bagi kita dan itu adalah kewajiban serta bakti kita sebagai anak untuk memelihara dan membahagiakan  mereka di hari tuanya.

Semoga kita semua telah memperlakukan orang tua yang telah melahirkan kita sebaik – baiknya karena waktu tidak akan bisa di putar ulang kembali. Selagi mereka masih hidup, perlakukanlah mereka dengan sebaik – baiknya sebagaimana mereka memelihara dan menjaga kita di waktu kecil. Kasih ibu sepanjang jalan kasih anak sepanjang penggalan, pepatah tersebut nyata dan kita temui saat ini dalam kehidupan kita masing – masing. Tinggal bagaimana kita masing – masing untuk menyikapinya. Selama mereka masih hidup berilah perlakuan yang terbaik buat  mereka….miss u mom n dady….

 

LEAVE A REPLY