Misteri Hilangnya Hutan

1
19

MISTERI HILANGNYA HUTAN
Haii…
Teman-teman…..
Apa kalian mengetahui maksud dari judul itu? Pasti kalian berfikir tentang hantu yaaa? Untuk mengetahuinya selesaikan membaca artikel ini sampai tuntas yaaa!.
Di Indonesia memiliki banyak hutan yang tersebar luas, diantaranya berada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan masih banyak lagi. Hutan di Indonesia maupun di negara-negara lain semakin lama semakin menghilang atau habis. Hamper setiap jam, menit, bahkan detik area hutan seukuran 35 kali lapangan sepak bola menghilang. Hutan-hutan tersebut dibakar untuk lahan pertanian, dan ditebangi pohonnya untuk diambil kayunya.

Mengapa hutan yangan penting? Hutan dikenal sebagai sumber karbon karena menyimpan CO2, dan dapat menghasilkan oksigen O2. Hutan akan mengeluarkan oksigen disiang hari, serta mengeluarkan karbondioksida pada pagi hari. Namun saat hutan dibakar, CO2 akan terlepas le udara. Pembakaran hutan menghasilkan emisi seperlima CO2 yang disebabkan oleh manusia sendiri.

Kenal dengan hutan hujan? Hutan hujan memiliki banyak sekali keragaman hayati sangat tinggi yang tinggal di dalamnya. Kehancuran hutan terutama kebakaran menyebabkan banyak spesies terancam punah akibat ulah manusia.
Lalu, bagaiman dengan kertas? Bukankah kertas terbuat dari pohon? Apakah jika pohon habis maka tidak ada kertas? Kertas memang terbuat dari pohon yang ditanam di perkebunan, pohon-pohon ditanam untuk menggantikan pohon-pohon yang ditebangi. Namun, perkebunan tidak memiliki pohon yang beragam dan tanah subur seperti hutan alami.
Pernahkah kalian berfikir? Bahwa lebih banyak membuang kertas daripada makanan? Saat mau ulangan sobek kertas itupun satu ulangan 2 kertas, mengganjal jendela menyobek kertas, meja tidak seimbang menyobek kertas lagi, tidak ada tisu menyobek kertas juga. Sebagai pelajaar, kita bisa melakukan banyak hal untuk menghemat kertas, diantaranya: mendaur ulang kertas, menggunakan amplop bekas, menggunakan saputangan pengganti tisu, menggunakan papan tulis pengganti kertas, dan masih banyak lagi cara-cara untuk menghemat kertas yang bertujuan mempertahankan hutan.

Hai….hai…hai…
Sudah dulu yan artikel dari Lathifah Roikhanah Wardani, semoga bermanfaat.Tunggu artikelku yang akan datang yaaaa…….
Good bye…..sampai jumpa

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY