Gangguan Psikologis Maba

0
77

Setelah tamat dari bangku SMA tentu kalian berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke dunia perkuliahan bukan? Dan pada saat itulah kalian akan menjadi mahasiswa baru. Mahasiswa baru merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama kuliahnya. Memasuki dunia kuliah merupakan suatu perubahan besar pada hidup seseorang (Santrock, 2006; Greenberg, 1999). Apakah kalian pernah membayangkan bagaimanakah dunia perkuliahan itu? dan bagaimana menjadi seorang mahasiswa baru? Dunia perkuliahan memang mempunyai suka duka tersendiri, namun siapa sangka dunia perkuliahan dapat memberikan gejala gangguan mental bagi mahasiswa baru. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyebutkan satu dari tiga mahasiswa baru dilaporkan mengalami gejala gangguan mental. Gangguan psikologis tersebut diantaranya seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan kebingungan dan gangguan panik. “Transisi dari SMA menuju perguruan tinggi benar-benar menjadi tantangan bagi mereka,” ujar salah satu penulis studi, Randy Auerback dari Columbia University, AS, melansir The Guardian.
Lalu, apakah yang menyebabkan gangguan psikologis untuk mahasiswa baru tersebut? Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi seperti, beberapa mahasiswa yang berkuliah di lingkungan baru. Mereka merantau ke kota baru dan jauh dari keluarga mereka. Hal tersebut memberikan tantangan bagi mereka agar bisa hidup mandiri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Kemudian, cara belajar yang berbeda dari masa sekolah sebelumnya. Sebagai seorang mahasiswa diwajibkan untuk lebih aktif dalam mencari materi-materi dari luar kelas seperti dari internet, berdiskusi dengan teman atau dengan mengunjungi perpustakaan. Faktor penyebab lainnya adalah pergaulan baru seperti kesulitan beradaptasi dengan teman baru yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda, cara mengatur waktu antara belajar dan kegiatan kampus atau kegiatan organisasi. Permasalahan tersebut dapat menyebabkan mahasiswa menjadi stress, tidak fokus dalam pelajaran, dan mungkin kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru perkuliahan.
Jadi, saat akan menjadi mahasiswa baru persiapkanlah diri kalian dengan sebaik-baiknya,ubah kebiasaan buruk saat masih sekolah, dan mulailah menghargai waktu.

LEAVE A REPLY