Mengapa Air Laut Asin?

1
20

MENGAPA AIR LAUT ASIN?
Haii
Salam literasi
Teman-teman, kebanyakan dari kalian pasti udah pernah ke pantai bukan? Apa yang kalian lakukan di pantai? Berenang? Seluncuran? Mainan pasir? Atau sibuk berselfie? Pasti kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Saat di pantai pernah mencicipi rasa airnya tidak? Sangat rugi kalau tidak mencicipinya. Eits cuma sekedar merasakan loh ya, jangan sampai meminum air tersebut.
Pasti kalian pernah berfikir, kenapa air laut rasanya asin kenapa tidak manis saja yaaa? Kalau air laut rasanya manis, pasti tak ada orang yang akan beli gula dan tak ada yang menanam tebu.
Jika kalian pernah makan permen karet bubble gum pasti pernah membaca pertanyaan, kenapa air laut rasanya asin? Dan jawabanya adalah karena ikan keringetan dikejar-kejar nelayan, jawabanya agak logis sih, nelayan memang mencari ikan, tetapi apakah ikan mengeluarkan keringat saat kelelahan? Enggak kan?
Kalau kalian masih kebingungan tentang air laut, maka aku akan menjelaskan dari proses terbentuknya laut hingga penyebab air laut rasanya asin.
Bumi yang baru terbentuk merupakan bola api raksasa yang mengeras. Pada saat bumi mengeras, dari celah-celah tanah keluarlah gas dan membentuk awan-awan di langit. semakin lama awan semakin banyak dan menyelimuti seluruh bumi. Kemudian turunlah hujan yang sangat lebat, sehingga airnya menggenang di tempat yang permukaannya rendah atau berlekuk. Dengan demikian, terbentuklah genangan air yang sangat luas di permukaan bumi yang disebut laut.
Air laut rasanya asin karena mengandung garam. Terjadinya air laut asin berkaitan dengan proses turunnya hujan. Hujan yang turun pertama kali terbentuk berbeda dengan hujan yang sekarang. Hujan yang terjadi pada waktu itu bisa meleburkan atau menghancurkan batu-batu karang di bumi. Batu karang yang mengandung garam itu larut bersama batu yang melebur, sehingga air laut rasanya asin.
Jadi, kesimpulannya adalah air laut rasanya asin bukan karena ikan keringetan dikejar-kejar nelayan loh ya, tetapi karena meleburnya batu-batu karang di bumi yang mengandung garam.
Sekian.
Terimakasih.
Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY