Masa SMA? Masaku yang Paling Indah, lah!

0
47

Kata orang, “Masa SMA adalah masa yang paling indah”. Pada masa tersebut, merupakan masa pergantian dari usia remaja menuju kedewasaan. Maka wajar jika pola pikir remaja¬† saat itu lebih cenderung pada bersenang-senang tanpa beban.

Sebenernya apa sih yang membuat banyak orang berpikir bahwa masa SMA adalah masa yang tak terlupakan? Saya sebagai seorang siswi SMA selama hampir tiga tahun pun merasakan banyak hal yang tak terduga di masa SMA ini. Dari kejadian pahit yang membuat hati teriris, hingga kenangan manis yang selalu membuat meringis. Semua itu telah saya alami. Tentu saja hal itu tak akan bisa saya dapatkan jika hanya berdiam diri di kelas, belajar, memperhatikan guru, dan mengerjakan PR. Ada faktor-faktor yang membuat masa SMA menjadi sangat berkesan untuk dikenang:

  1. Teman dengan Rasa Kebersamaan yang Tinggi

Pada masa ini, hasrat seorang remaja untuk bersenang-senang sangatlah tinggi, memiliki teman untuk nongkrong, makan-makan bersama, dan jalan-jalan bareng merupakan suatu kewajiban. Untuk melakukan hal itu, memerlukan teman yang cocok dengan diri kita. Menemukan teman yang cocok bisa berawal dari rasa kebersamaan yang akan timbul dengan seiringnya banyak kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Contoh saja, karena di SMA mempunyai banyak kegiatan seperti pensi dan lomba sekelas yang memerlukan kerja sama yang erat, hal itu mengaharuskan kita untuk menghabiskan banyak waktu dengan teman sekelas. Dari situ rasa kebersamaan timbul karena merasakan penderitaan dan kebahagian yang sama. Semakin lama waktu yang dihabiskan bersama, semakin erat juga pertemanan itu akan terjalin. Dan tidak tentu juga pertemanan yang yang dirasakan di masa SMA bisa ditemukan di jenjang selanjutnya.

2. Indahnya Cinta Monyet Masa SMA

Siapa sih yang gak pernah jatuh cinta?¬†semua orang pasti pernah merasakan hal tersebut, apalagi remaja. Cinta yang dirasakan oleh masa remaja identik disebut oleh orang-orang dengan sebutan “Cinta Monyet”. Yang bisa diartikan bahwa cinta yang hanya untuk main main saja. Wajar sekali jika banyak orang di khalayak luar sana berkata tersebut, karena cinta yang dialami oleh anak SMA biasanya hanya untuk main main dan bersenang-senang tanpa keseriusan. Diantar pulang oleh sang pacar membuat hati berdebar, disuguhi kata-kata manis tiap hari menciptakan senyum di wajah tanpa henti, pada jam istirahat bersama pacar pergi ke kantin, dan melakukan kegiatan lain bersama. Hal-hal seperti itu cukup membuat masa SMA menjadi cukup manis bagi yang mempunyai seorang kekasih.

3. Guruku Orang Tuaku

Guru adalah orang tua kita jika di sekolah. Dan ada banyak macam guru yang bisa ditemui di masa SMA. Biasanya guru yang paling dikenang adalah guru yang mendapat predikat atau posisi penting bagi para muridnya. Guru yang mendapat predikat paling killer, paling baik, paling kocak, paling berwibawa, paling sabar, dan paling yang lainnya pasti susah untuk dilupakan. Mempunyai orang tua kedua dengan berbagai karakter seperti itu sungguh adalah hal yang menyenangkan dan patut untuk dikenang. Jasa-jasa guru yang telah mendidik murid dengan cara yang berbeda-beda pastinya akan mempunyai tempat di memori para muridnya. Tak heran banyak yang merindukan omelan-omelan dan teguran dari guru karena sesungguhnya hal itu akan bermanfaat bagi kita semua.

4. Organisasi Menyibukkanku

Tak lengkap rasanya jika sekolah hanya digunakan untuk mencari ilmu, belajar, mengerjakan PR tanpa mengikuti organisasi. Pastinya akan terasa lempeng-lempeng saja karena kurang adanya tantangan yang dirasakan saat sekolah. Mengikuti organisasi seperti OSIS atau Pramuka adalah hal yang sangat positif untuk dilakukan bagi seorang pelajar SMA. Disamping akan mendapat pengalaman berorganisasi yang sebenarnya, hal ini juga dapat mengasah kemampuan kita untuk bekerja sama dan bertanggung jawab pada tugas yang telah diberikan. Jika tergabung pada suatu organisasi segudang agenda telah menanti untuk dikerjakan, menjadi panitia dalam berbagai acara, mencari ide untuk membuat suatu acara, dan rapat koordinasi bersama teman-teman. Tentu saja hal itu sangat membuat sibuk tapi tidak akan terasa lelah jika dilakukan bersama-sama, malah terasa menyenangkan karena bekerja bersama banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda dan tentunya akan ada banyak kejadian seru tak terlupakan.

Dari situlah masa SMA disebut masa yang indah. Indah sekali karena dari masa tersebut kita mendapatkan pengalaman yang tidak akan kita temui di masa lainnya. Banyak yang bisa dilakukan selain belajar selagi menjadi siswa siswi SMA, sebelum masa SMA ini berakhir dan membuat kita menyesal karena tidak menyetak pengalaman indah yang seindah-indahnya.

(Karenia Jannah murid kelas 12 Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen)

LEAVE A REPLY