Marching Band SMA Negeri 1 Kepanjen dalam Kejuaraan Kapolda Cup 2018

0
78

 

Marching Band Bhahana Swara Sangkakala Bhawana sering disebut dengan MB BSSB. Marching Band ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 1 Kepanjen. BSSB telah menjuarai berbagai macam kejuaraan, mulai dari kejuaraan tingkat Jawa Timur sampai tingkat Nasional. Misalnya, ajang bergengsi nomer 1 di Indonesia yaitu Grand Prix Marching Band yang diselenggarakan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi Jawa Barat. Selain itu juga Delta Marching Open Festival di Sidoarjo Jawa Timur, KDS Display and Playpass Competition di Malang Jawa Timur dan yang terakhir yaitu Kapolda Cup di Sidoarjo, Jawa Timur.

Marching Band BSSB ini adalah satu-satunya band besar dibawah naungan lembaga formal Sekolah Menengah Atas di provinsi Jawa Timur yang berpartisipasi dalam kejuaraan besar seperti Grand Prix Marching Band tahun lalu. Tidak banyak Marching band yang berada di bawah naungan lembaga formal Sekolah Menengah Atas. Kebanyakan band-band besar lainnya berasal dari lembaga perusahaan, perkuliahan dan yayasan-yayasan besar yang ada di Indonesia.

Tanggal 12 Mei 2018 ini, tim Marching Band Bhahana Swara Sangkakala Bhawana ikut serta dalam kejuaraan Kapolda Cup untuk mewakili Perserikatan Drum Band Indonesia Kabupaten Malang.

Bukan hal yang mudah untuk pulang sebagai juara di ajang bergengsi ini. Karena tim Polres Jawa Timur ini harus bersaing dengan tim Polres lainnya seperti Polresta Sidoarjo, Polresta Blitar, Polrestabes Surabaya dan Polres lainnya yang ada di Jawa Timur.

Hasil kerja keras 2 hari di GOR Sidoarjo terbayar dengan juara yang diperoleh. Marching Band BSSB ini bahkan menyapu bersih semua juara yang ada di acara tersebut. Dengan jumlah total 8 piala yang diperoleh, tim BSSB membuat sebuah prestasi yang tidak akan bisa dilupakan oleh Perserikatan Drum Band Indonesia Kabupaten Malang. Selain itu piala bergilir Marching Band Kapolda Jatim 2018 juga jatuh ke tangan tim BSSB.

Dibalik suksesnya tim ini, terdapat berbagai macam cerita indah yang selalu dikenang oleh para pemain ataupun para pelatih. Proses perjalanan menuju sukses inilah yang dicari. Karena pengalaman adalah guru terbaik dari guru manapun. Dimulai dari solidaritas antar pemain untuk menggalang dana dengan cara mengumpulkan rongsokan kardus atau kaleng bekas yang nantinya akan dijual. Antusias para pemain Marching Band Bhahana Swara Sangkakala Bhawana untuk bisa mengikuti ajang perlombaan marching di Indonesia sangat besar.

Yuniar Indriawati
Kelas 12 Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen
Juara I Best Color Guard MB BSSB di Kapolda Cup 2018

LEAVE A REPLY