Manfaat Bermain Catur Bagi Anak

2
23

Catur merupakan permainan yang sudah dikenal diseluruh dunia bahkan biasa dilombakan dalam setiap even olah raga, orang yangĀ  bermain catur saking asyiknya kadang tidak merasa lelah duduk berlama-lama, bahkan seringkali susah diajak bicara karena konsentrasinya terlalu tinggi.

Catur ini dilengkapi 8 bidak (pion) hitam dan putih. Ada 12 perwira, terdiri dari 2 kuda hitam, 2 kuda putih, 2 gajah hitam, 2 gajah putih, 2 benteng hitam, 2 benteng putih, ditambah 1 menteri hitam, 1 menteri putih, dan 1 raja hitam serta 1 raja putih. Inti permainannya adalah bagaimana cara menghentikan langkah raja lawan sehingga dianggap mati dengan memainkan bidak, perwira dan menteri.

Beberapa bulan terakhir ini anak-anak dirumah lagi senang bermain catur, karena memang penggunaan gadget saya batasi hanya saya izinkan memegang gadget di hari sabtu siang dan hari Ahad, jadi anak mau melakukan permainan lain seperti catur ini, saat waktu senggang sepulang sekolah kadang malam hari sehabis belajar, tanding adik melawan kakak, tanding melawan teman di komplek, melawan Bapak, saat liburan ke desa bawa catur juga buat tanding melawan Kakek.

Nah, sebenarnya manfaatnya apa si permainan catur bagi anak, menurut situsĀ parenting.co.id berikut ada 5 manfaat bermain catur yang akan diperoleh anak:

1. Nilai akademik lebih tinggi
Pakar psikologi pendidikan di New York,Ā Stuart Marguiles, Ph.D. menemukan bahwa siswa sekolah dasar di Los Angeles dan New York yang bermain catur mendapatkan nilai sekolah 10 persen lebih tinggi dibanding teman-teman sebayanya yang tidak bermain catur. Federasi Catur Amerika Serikat (USCF) juga menyebutkan dalam slogannyaĀ  ā€œCatur Membuat Anda Pintarā€. Pernyataan ini berdasarkan pada penelitian yang menemukan bahwa catur meningkatkan kemampuan berpikir anak sehingga mereka mampu memecahkan masalah pada soal-soal matematika.

2.Ā Berpikir kritis dan kreatif
Dalam sebuah penelitian di Amerika, sejumlah siswa sekolah menengah diminta untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai. Sebagian mereka memilih untuk membuat pekerjaan dengan komputer, mengambil kelas pelatihan menulis kreatif, bermain catur, dan kegiatan lainnya. Mereka diberikan waktu 60 jam untuk menuntaskan kegiatan yang mereka pilih. Ternyata, siswa yang memilih bermain catur mendapat skor lebih unggul pada tes psikologi. Dengan catatan angka 13% lebih mampu berpikir kritis dan 35% lebih tinggi dalam kreativitas.

3.Ā Berlatih mengendalikan diri
Salah satu bagian otak yang berkembang pada masa remaja adalah korteks prefrontal, bagian yang bertanggung jawab pada pengendalian diri. Perkembangan korteks prefrontal sangat dipengaruhi oleh aktivitas berpikir yang strategis dan kritis seperti pada permainan catur. Oleh sebab itu, anak yang terbiasa bermain catur, ketika dewasa akan memiliki pengendalian diri yang baik.

4.Ā Belajar menyusun strategi
Permainan catur selalu berkaitan dengan teknik dan strategi untuk bertahan, melumpuhkan lawan, dan tahu kapan saat harus menyerang. Teknik dan strategi ini sangat membantu anak untuk belajar pentingnya kejelian dan merumuskan langkah untuk masa depan.

5. Meningkatkan IQ
Studi ilmiah pada 4000 pelajar di Venezuela menemukan kenaikan skor IQ yang signifikan setelah mereka mendapat instruksi untuk bermain catur selama empat bulan.

Nah, sudahkan kamu mengenal dan bermain catur?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY