Kuliah di Jerman

0
37

Bagi siswa-siswi yang duduk di kelas 12 Sekolah Menengah Atas, pasti kata “kuliah” tidak asing lagi di telinga mereka. Tetapi sebagian dari pelajar itu lebih memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mengapa? Masalah biaya kuliah dan latar belakang ekonomi keluarga yang tak begitu baik menjadi faktor utama dari permasalahan kuliah.

Namun permasalahan biaya kuliah dewasa ini, sudah sedikit-banyak terselesaikan dengan bantuan beasiswa, seperti pendidikan di Jerman. Beasiswa kuliah yang diberikan kepada pelajar lokal maupun asing tanpa adanya perbandingan. Maka dari itu tidak heran, jika di setiap universitas di Jerman terdapat berbagai mahasiswa yang berasal dari luar Jerman. Program studi yang ada di Jerman termasuk banyak, sehingga para pelajar asing yang ingin berkuliah di Jerman memiliki kesempatan besar untuk memilih sesuai dengan passion masing-masing.Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Jerman adalah negara tujuan kuliah terbaik di Eropa bagi mahasiswa internasional.

Jerman yang notabene memiliki banyak universitas peringkat atas di Eropa Barat, tidak bisa dipandang sebelah mata jika berbicara tentang fasilitas.Terkenal akan kualitas pengajaran dan ditambah dengan fasilitas-fasilitas yang memadai, kuliah di Jerman bukan hanya dianggap sebagai angan-angan belaka. Oleh karena itu, para mahasiswa bisa lebih baik mengembangkan bakat mereka sesuai jurusan yang dipilih.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh mahasiswa di Jerman adalah kesempatan kerja. Setelah lulus, para mahasiswa diberikan izin untuk tinggal selama 18 bulan di Jerman untuk mencari pekerjaan. Hal itu termasuk kesempatan besar untuk para mahasiswa yang memang sudah mumpuni untuk bekerja sesuai bidang mereka. Sebagian besar mahasiswa internasional lebih memilih untuk menetap di Jerman setelah lulus. Mereka dibantu oleh universitas-universitas di Jerman untuk mencari lowongan pekerjaan, karena setiap universitas di Jerman masih membina hubungan yang baik dengan berbagai perusahaan.

Tidak salah jika seseorang memiliki keinginan untuk bisa berkuliah di luar negeri. Tetapi alangkah lebih baik bila lebih dipertimbangkan lagi pilihan universitas dan negara yang akan dituju. Kuliah di Jerman mungkin bisa menjadi salah satu daftar tujuan banyak mahasiswa internasional. Setiap orang pastinya ingin mendapatkan yang terbaik dari apa yang telah dia pilih. Pilihan yang baik harus didukung dengan pertimbangan yang pas pula.

Tasya Negara Hapsari Budiono
Siswa SMAN 1 Kepanjen

Juara III Deutscholimpiade di Deutsch Tage 2017

LEAVE A REPLY