Selamat malam,

Siswa siswi yang keren se Indonesia,

Apa itu Pasca?

Pasca sudah biasa diucapkan,namun tidak sedikit orang yang masih belum memahaminya.

Secara arti.

PASCA: Sudah,Sesudah.Namun Kalimat Pasca biasanya harus disambung,seperti contoh:

Pascasarjana,Pasca bayar dan lain lain.

Pasca bayar dan Prabayar.

Prabayar = bayar dulu baru pakai
Pasca bayar = pakai dulu baru bayar,atau dengan gaya gaya kalimat lainnya,namun tetap saja dimaksudnya/diartikan sesudah/sudah.

Pascabayar: sudah memakai baru membayar sesuai dengan ketentuan penggunaannya.

sumber : Blog penanajhan.wordpress.com

Membaca postingan salah satu guru FISIKA dari sekolah SMA yang lain di Grup WhatsApp MGMP FISIKA SMA Kabupaten Karo. Guru Fisika tersebut mengirim 2 gambar Kondisi Sekolahnya usai erupsi Sinabung.Kirimannya tadi membuat Guru FISIKA SMA Negeri 1 Juhar  terinspirasi dan jadilah artikel ini. Gunung Sinabung pada senin 19 Februari 2018 kembali Erupsi seperti diberitakan salah satu media Online berikut :

Sinabung Meletus, 8 Kecamatan Tertutup Abu Vulkanik

Medan: Aktifitas masyarakat yang bermukim tak jauh dari Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, terpaksa dihentikan. Letusan gunung dengan tinggi kolom 5 kilometer menyebabkan sebagian wilayah tertutup debu vulkanik cukup tebal.

“Letusan tersebut adalah yang terbesar di tahun 2018. Aktifitas warga sebagian dihentikan karena tebalnya hujan debu vulkanik dan giat belajar murid sekolah juga dihentikan,” kata Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, Senin 19 Februari 2018.

Petugas telah membagikan masker kepada warga yang membutuhkan. Ketebalan abu di jalan mencapai 5 sentimeterdan jarak pandang ke depan lebih kurang 2 meter. Setidaknya ada delapan kecamatan yang terdampak abu vulkanik.

“Kecamatan Simpang Empat, Naman Teran, Seluruh Desa di Kecamatan Payung, seluruh Desa di Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Munte, Tigabinanga dan Kecamatan Juhar,” terangnya.

Menurut AKBP Benny, personel kepolisian telah lokasi untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak erupsi. Polres Tanah Karo beserta Polsek Simpang Empat dan Polsek Payung melakukan Patroli ke desa-desa.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati – hati terkait erupsi gunung sinabung yang akan terjadi sewaktu-waktu sekaligus memberikan masker kepada masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, Polres Tanah Karo mengarahkan mobil ambulans, Watercanon dan truk Dalmas ke daerah yang terdampak untuk mengevakuasi masyarakat dan menyiram sarana dan prasarana jalan yang terkena dampak abu vulkanik.

“Saat ini situasi di wilayah hukum Polres Tanah Karo masih aman dan kondusif. Untuk sementara belum ada ditemukan korban jiwa,” pungkasnya.(ALB)

Sumber :metrotvnews.com

 

Padahal kondisi sekolah SMA Negeri 1 Juhar juga tidak jauh beda dengan gambar yg dikirim guru FISIKA dari SMA lain  tersebut. Hanya memang lebih tebal abu vulkanik yang di sekolah lain tersebut.

Pada saat erupsi senin 19 Februari 2018 abu vulkanik Gunung Sinabung tiba di Kecamatan Juhar sekitar 11.00 WIB. Bapak Guru FISIKA dan Guru BP segera ke Puskesmas untuk meminta masker.

 

LEAVE A REPLY