GERHANA BULAN BLUE BLOOD MOON DI SMAN YOSOWILANGUN

1
30

Pengertian gerhana bulan adalah peristiwa matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Proses terjadinya gerhana bulan dari wikipedia adalah saat bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis yang sama. Akibatnya, sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi.

Gerhana bulan terjadi pada saat seluruh bulan pada bagian penumbra. Bisa kita lihat gerhana bulan ini jika warna bulan terlihat suram.
Saat terjadi gerhana bulan total, bulan akan terlihat kemerahan. Hal tersebut berhubungan dengan atmosfer. Pada suatu tempat atau negera tertentu, gerhana bulan total terlihat lebih merah. Jika semakin merah, maka suatu tempat tersebut tingkat polusinya semakin kuat.

Warna asli dari gerhana bulan total adalah gelap. Bulan berwarna merah karena bumi memiliki atmosfer sehingga kita dapat melihatnya. Atmosfer akan membiaskan cahaya matahari dan warna biru yang memiliki panjang gelombang tertentu dibiaskan sehingga warna merahlah yang banyak mengenai permukaan bulan.

Saat terjadi gerhana bulan di SMAN yosowilangun diadakan di sholat gerhana yang di imami oleh bapak abdul mu’is selaku guru agama SMAN YOSOWILANGUN jama’ah sholat gerhana yaitu seluruh siswa dam siswi  SMAN YOSOWILANGUN serta warga  setempat kecuali non muslim.Warga sedikit kecewa karena pada saat terjadi gerhana bulan di SMAN YOSOWILANGUN cuacanya tidak mendukung.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY