Selamat Siang

Siswa siswi yang Keren se Indonesia,

Diminggu akhir  bulan Februari tahun 2018 ini penulis mencoba menulis tentang kuliner khas Karo yang bernama CIMPA. Biasanya di daerah lain kuliner yang mirip bernama Lepat.

Khusus di Kecamatan Juhar Kabupaten Karo, biasanya Cimpa banyak ketika pesta ADAT TAHUNAN (kerja Tahun). Kerja tahun tersebut di Kecamatan Juhar pada tanggal 16-17 Agustus setiap tahunnya.Bila kita berkunjung atau bertamu selalu disuguhi dengan makanan khas karo yang satu ini yaitu Cimpa.

Penulis apabila kembali ke Keluarga yang berdomisili di Kabupaten Deli Serdang selalu membawa oleh-oleh CIMPA.Belasan tahun penulis bertugas di Juhar, berarti sudah belasan kali penulis membawa Cimpa ke Tg.Morawa.

Berita tentang CIMPA barangkali sudah bukan hal yang asing lagi bagi sebagian masyarakat Sumatera Utara, sebagai mana liputan salah satu media berikut :

Cimpa, Kuliner HUT Kemerdekaan Indonesia Khas Karo

MEDAN–Tiap tiap acara adat di seluruh Nusantara, pasti miliki kuliner khas untuk cemilan. Tdk selain di Desa Juhar, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Tiap tiap perayaan Kerja Tahun atau bertepatan dengan HUT RI 17 Agustus, masyarakat di desa ini selalu membuat  makanan khas yang disebut CIMPA. Ini yaitu kue khas Suku Karo yang terbuat dari tepung beras serta gula aren di dalamnya yang dibungkus daun pisang.

Sepintas kue ini mirip dengan kue pisang di Jawa. Akan tetapi, yang membedakan cimpa yaitu makanan ini terbuat dari beras ketan merah atau putih yang dicampur parutan kelapa serta gula aren.

Cara membuat kue ini cukup gampang. Awalnya, memasukkan campuran gula aren serta kelapa ke dalam adonan tepung beras dengan cara dikepal tangan.

Setelah tersebut cimpa dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya dibungkus, cimpa segera dikukus kurang lebih satu pukul dengan api tengah.

Setelah masak cimpa siap dihidangkan serta disediakan di rumah-rumah untuk penganan buat tamu yang berkunjung.

Rasa cimpa sendiri begitu gurih serta begitu kenyal. Kenyal dalam cimpa sebagai ciri khas sendiri dalam menikmati kue ini. Jadi tambah kenyal cimpa jadi lebih baik pula kualitasnya dikarenakan makanan ini dapat lebih tahan lama sehingga satu minggu.

Cimpa umum dibuat dalam pesta adat seperti Kerja Tahun atau upacara pernikahan serta kematian. Spesial dalam Kerja Tahun, kue ini pasti dihidangkan di tiap tiap rumah-rumah warga. Naviza.(mg5/JPNN)

 

 

Untuk siswa siswi yang keren se Indonesia yang berminat kuliner khas Karo ini dengan Gratis, silahkan datang, berkunjung pada tanggal 17 Agustus 2018 di Kecamatan JUHAR Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Karena siswi siswi dari SMA Negeri 1 Juhar jago nya buat CIMPA ini.

 

LEAVE A REPLY