Cara agar tidak tidur seusai sahur

0
24

Tidur setelah sahur merupakan aktivitas yang paling enak dilakukan. Tetapi apakah kalian menyadari bahwa tidur setelah sahur dapat membuat orga pencernaan berhenti, sehingga makanan yang kita makan saat sahur tidak dapat tercerna dengan baik. Kali ini aku akan berbagi tips-tips, agar tidak tidur setelah sahur:

  1. Jangan mendekati kasur, bantal, atau benda apapun yang membuat kita terlena ingin tidur

Terkadang benda-benda seperti bantal, kasur, guling seperti ada setannya. Tetapi buka setan yang menyeramkan. Maksudku benda-benda tersebutlah yang membuat kita meninggalkan solat subuh, karena tidur terus.

 

  1. Solat shubuh berjamaah ke masjid

Agar tidak tidur di rumah, maka pergi ke masjid dan melakukan ibadah selain solat shubuh. Seperti solah fajar, iktikaf, puji-pujian, dan lain-lain. Saat kita ke masjid, umumnya akan kedinginan sehingga tidak mau pulang sebelum terbit matahri. Itulah yang membuatku sering solat shubuh di masjid. Tetapi kalau hari biasa, aku jarang melakukannya.

 

  1. Mengaji Al-Quran

Tidak di masjid, tidak di rumah. Membaca Al-Quran merupakan pahala. Apalagi kalau membacanya saat Ramadhan. Pahalanya berlipan ganda. Meskipun sebelum membaca Al-Quran, kita biasanya menargetkan hanya satu halaman atau satu lembar. Tetapi hal itu akan berbeda, setelah membaca Al-Quran cukup lama, maka lidah kita akan ketagihan seperti tidak mau berhenti. Kecuali kalau benar-benar letih, atau kehabisan suara.

  1. Jalan-jalan pagi bersama teman-teman seusai solat subuh atau olahraga

Hal yang menjadi kebiasaan

 

  1. Nonton TV

Sebelum sahur maupun setelah sahur, banyak sekali kajian-kajian islami yang ada di TV. Dengan ustad dan ustazah terkenal kita bisa mendapatkan ilmu dari melihat kajian tersebut.

 

  1. Belajar

Jika ingin yang mudah saja, membaca buku juga bisa dugunakan untuk menghindari tidur. Tetapi membaca bukunya jangan sambil tidur, karena dapat membuat mata sakit, dan nantinya akan terlelap tidur.

 

  1. Ngegame asal jangan berlebihan

Sebagai hiburan yang murah, ngegame juga bisa mencegah tidur. Tetapi jangan sampai berlebihan, apalagi lupa solat subuh.

 

  1. Mengerjakan aktivitas rumah, seperti menyapu, mencuci baju, dan mengerjakan tugas yang lain membantu ortu

 

  1. Menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat

 

  1. Menulis blog

LEAVE A REPLY