Biografi ALIGHIERI, DANTE (1265-1321)

2
19

Biografi ALIGHIERI, DANTE (1265-1321)

Penyair besar Italia. Lahir di Florence dan meninggaldi Ravenna. Mulai menggubah sajak padausia sangta muda. Berkenaan dengan pendidikan: banyak belajar sendiri, tetapi juga mengikut pelajaran di Universitas Bologna di tahun 1267. Di tahun 1289 ikut terjun dalam bidang kemiliteran sebagai pemimpin pasukan dan mendapat namabaik. Berkenalan pada umur sembilan tahun dengan gadis, Beatrice, yang menjadi terkenal oleh gubahan Dante: Divina Comedia, dan akhirnya menikah dengan bankir Portinari. Hal ini menyebabkan Dante mencari hiburan dalam pelajaran falsafah dan ilmu Ketuhanan.antara tahun 1296 dan 1300, Dante ikut dalam pergeseran politik di kota kelahirannya. Ia kemudian dibuang dari kota tersebut karena pihak lawan berhasilmemegang kekuasaan. Sesudah itu, lama takkedengaran apa-apa tentang dirinya. Ia mungkin ketika itu mengembaradan mungkin pernah hidup di Paris dan bekerja di istana Raja Henry VII. Pula ia mungkin mulai mengarang gubahannya yang terpenting: Divina Comedia itu di tahun 1307 yang menyudahkannya di tahun 1321.

Di tahun 1318, ia dipanggil ke Bologna untuk menerima tanda penghargaan tertinggi bagi seorang penyair, tetapi panggilan ini ditampiknya. Beberapa tahun sebelum ia meninggal, ia hidup di kalangan sanak familinya. Seperti dikatakan tadi, sanjaknya yang terpenting adalah Divina Comedia. Sanjak besar ini terdiri atas tiga bagian: “Inferno” (Neraka), “Purgatorio” (Antara neraka dan surga), dan “Paradiso” (Surga), yang masing-masing memuat 22 nyanyian. Kata pengantar seluruh sanjak ini terdapat dalam salah satu nyanyian dari “Inferno”. Dalam sajak ini, Dante secara alegoris membentangkan hidup roh-roh di seberang hidup: di neraka, antara neraka dan surga, dan di surga. Yang dilukiskan oleh Dante ialah kemajuan berangsur-angsur dari roh manusia dalam memperoleh kembali derajat susilanya yang telah penyap. Berkenaan dengan poko pikiran ini, Dante mendapat kesempatan untuk untuk sedikit-banyaknya menghantam kebobrokan zamannya di ats dasar moral. Dante berupaya untuk menunjukkan kepada umatmanusia jalan mencari tobat menurut paham agama Katholik, walaupun pokok pikiran dari sanjaknya menurut ahli-ahli penyelidik berasal dari cerita mikraj Rasulullah SAW seperti diuraikan dalam salah satu gubahan Ibnu Arabi, ahli fisafat dan pengarang Islam. Bagian yang terbaik dari Divina Comedia adalah “Paradiso”, sementara “Inferno” lebih banyak mengandung nilai dramatis.

Buah pena Dante lainnya:

De vulgari eloquentia (dalam bahasa latin). Menguraikan umumnya tentang bahasa dan juga tentang bahasa Italia sehari-hari yang dapat digunakan untuk kegiatan kesustraan. Dalam karangan ini, kelihatan upaya Dante untuk kesatuan bahasa dalam kesustraan Italia dan selain itu ia mengemukakan teori-teori tentang bahasa dari berbagai kritik, dan selanjutnya membicarakan gaya dan bahasa yang dipergunakan penyair-penyair yang sezaman dengan dia.

Dalam Convivio (1304-1307), Dante membentangkan niat untuk memunginkan orang-orang yang tak punya pendidikan mengecap nikmat ilmu penngetahuan, sementara dalam De Monarchia ia membentangkan pahamnya tentang politik dan tentang perlunya membentuk suatu organisasi politik, serta pentingnya suatu kekuasaan politik yang sementara, untuk melaksanakan suasana damai dan tenteram.

Diambil dari Buku Satu Puisi Dunia

Gema Jiwa Slavia dan Latin

Yang disusun oleh M. Taslim Ali

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY