Asal Mula Nama Indonesia

0
27

Asal Mula Nama Indonesia Menurut pengertian secara geografis, Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95-141 Bujur Timur, dan 6 Lintang Utara sampai 11 Lintang Selatan.
Istilah Indonesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang ahli etonologi Inggris bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. Istilah Indonesia digunakan juga oleh G. W. Earl dalam bidang etnologi. G. W. Earl menyebut Indonesians dan Melayunesians bagi penduduku Kepulauan Melayu.

Pada tahun 1862 istilah Indonesia digunakan oleh orang Inggris bernama Maxwell dalama karangannya berjudul The Island of Indonesia yang berarti Kepulauan Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu bumi.
Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etinologi Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.

Kata Indonesia berasal dari kata Latin “Indus” yang berarti Hindia dan kata Yunani “nesos” yang berarti pulau, “nesoi” berarti pulau-pulau. Dengan demikian, kata Indonesia berati pulau-pulau Hindia.
Indonesia juga dikenal dengan sebutan Nusantara. Kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu “nusa” yang berarti pulau dan “antara” yang berarti hubungan. Jadi, Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau.

Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama Indonesia secara politik. Istilah Indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh Perhimpunan Indonesia, yaitu organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar Indonesia di Negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut bernama Indische Vereeniging. Kemudia nama itu diganti menjadi juga namanya menjadi Indonesische Vereenigning pada tahun 1922. Selanjutnya pada tahun 1922 namanya diganti menjadi Perhimpunan Indonesia.

SUMBER : BUKU RPUL

LEAVE A REPLY