8 Peradaban Dunia Tertua di Dunia

0
22

Setidaknya ada delapan peradaban kuno yang banyak diadopsi dalam perkembangan budaya masyarakat sekarang ini. Apa sajakah delapan peradaban tersebut :

Maya

Peradaban Maya kuno berkembang di Amerika Tengah dari sekitar 2600 SM. Setelah peradaban didirikan, Maya menjadi salah satu peradaban paling canggih dengan populasi besar sekitar 19 juta pada puncaknya. Pada 700 SM, bangsa Maya sudah merancang sendiri penulisan yang mereka gunakan untuk membuat kalender surya mereka sendiri yang diukir di batu.

Mesir

Mesir kuno dikenal karena budayanya yang luar biasa yakni piramida dan sphinx menjadi bukti kemajuan mereka. Peradaban Firaun yang megah ini berada di tepi Sungai Nil. Peradaban Mesir bersatu sekitar 3150 SM (menurut kronologi Mesir konvensional). Meskipun demikian telah ada pemukiman awal di sekitar lembah Nil pada awal 3500 SM.

Yunani

Yunani bukanlah peradaban tertua di dunia, tetapi menjadi salah satu peradaban paling berpengaruh di dunia. Periode peradaban Yunani kuno telah banyak mengundang banyak perhatian. Orang-orang Yunani menciptakan Olimpiade kuno, konsep demokrasi dan senat. Mereka menciptakan dasar modern geometri, biologi, fisika dan lainnya.

Mesopotamia

Mesopotamia dianggap merupakan peradaban tertua di muka bumi sejak evolusi manusia. Mesopotamia kuno berlangsung sekitar 3.300 SM – 750 SM. Mesopotamia umumnya dikreditkan menjadi tempat pertama dimana masyarakat beradab benar-benar mulai terbentuk.Mereka hidup makmur di wilayah yang sekarang disebut Irak modern. Peradaban Mesopotamia kemudian dikenal sebagai Babilonia, Sumeria dan Asyur.

China

Kekaisaran China Kuno dikenal sebagai Han dimana dinasti ini memiliki sejarah paling beragam di antara dinasti China yang pernah ada. Peradaban Sungai Kuning sangat penting bagi seluruh peradaban China karena di tempat inilah dinasti awal China didirikan. Saat itu sekitar 2700 SM, Kaisar Kuning yang legendaris memulai pemerintahannya.

Inca

Inca merupakan peradaban terbesar di Amerika Selatan pada era pra-Columbus. Wilayahnya membentang di daerah yang sekarang ini menjadi negara Ekuador, Peru, dan Chile. Pusat administrasi militer dan politik terletak di Cusco (sekarang berada dalam wilayah Peru). Sisa-sisa kejayaan peradaban Inca bisa dilihat dari situs-situs seperti Machu Pichu dan Kota Cusco.

Persia

Ada suatu masa ketika peradaban Persia kuno menjadi kerajaan paling kuat di dunia. Meskipun hanya berkuasa selama kurang lebih 200 tahun, Persia berhasil menaklukan banyak daerah hingga seluas 2 juta mil persegi. Mulai dari wilayah Mesir ke Yunani, kemudian ke India bahkan seluruh wilayah Asia Tengah.

Aztec

Suku Aztec di negara Meksiko saat ini muncul hampir bersamaan dan menjadi pesaing kuat bagi peradaban Inca. Pada 1200M-1300 M, penduduk Meksiko tinggal di 3 kota yang saling bersaing yaitu Tenochtitlan, Texcoco, dan Tlacopan. Pada sekitar 1325, ketiga kota ini menciptakan aliansi dengan mendirikan sebuah negara baru di Lembah Meksiko. Pada 1500-an awal, peradaban Aztec berada pada puncak kejayaannya.

semoga bermanfaat sekian dan terimakasih

Sumber

LEAVE A REPLY