Cara Menghemat Kuota Internet Semua Operator, Work!

0
19

Sama seperti yang kita ketahui bersama, pada zaman saat ini internet menjadi hal penting dan krusial. Satu hari saja Kamu tidak mempunyai paket data internet, bisa – bisa mood langsung amburadul.

Sayangnya, walau telah banyak operator selular yang tawarkan paket data murah tapi penggunaan kuota data yang cukup sering. Baik itu untuk kebutuhkan bersosial media, streaming, searching dan lain – lain sering membuat kuota internet Kamu cepat habis. Otomatis ini mengakibatkan Kamu jadi boros karena harus sering beli kuota internet.

Ingin paket internet Kamu dapat bertahan semakin lama? Jangan cemas, kesempatan ini Arthy.id sudah meringkas cara hemat kuota internet.

Cara Hemat Kuota Internet Semua Operator

1. Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota Lebih Banyak

Cara hemat kuota internet pertama dengan mengenali aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota internet. Ya, jumlahnya aplikasi pada handphone memang makin mempermudah Kamu untuk lakukan bermacam hal. Tetapi dengan banyak aplikasi yang terinstal rupanya membuat bertambahnya penggunaan kuota data.

Cara ketahui aplikasi yang banyak menyedot data gampang sekali, yaitu dengan berkunjung menu Settings -> Data Usage. Scroll sampai ke bawah dan mendapati daftar aplikasi yang mengonsumsi banyak data Kamu. Bila Kamu memang ingin mengirit kuota internet, karena itu Kamu harus uninstall aplikasi itu.

2. Membatasi Penggunaan Data Aplikasi

Harus dipahami, beberapa aplikasi yang terinstall pada handphone mempunyai opsi sinkronisasi dan opsi data sendiri. Sinkronisasi ini tentunya benar-benar penting perannya, apa lagi bila memercayakan penyimpanan Cloud. Tetapi, sadar tidak sich jika rupanya proses sinkronisasi justru membuat boros kuota internet?

Jadi sahabat perlu membatasi penggunaan data internet pada beberapa aplikasi yang tidak begitu penting. Kamu bisa terhubung penataannya lewat menu Settings melalui aplikasi itu. Misalkan pada Google Photos, karena itu Kamu dapat masuk ke arah pada menu Settings -> Pemakain Data -> Aktifkan Awasi Penggunaan Data Latar Belakang supaya aplikasi tidak memakai kuota diam – diam. Dengan cara berikut Kamu juga dapat semakin hemat dalam penggunaan data selular.

Ini akan menolong memotong aplikasi yang memakai data saat berjalan pada latar belakang. Tetapi masalahnya bila Kamu lakukan ini ialah notifikasimu bakal menjadi telat.

3. Membatasi Update Aplikasi

Alternative lain cara hemat kuota internet yang gampang dengan membatasi update aplikasi. Tanpa Kamu ketahui, update aplikasi umumnya banyak mengonsumsi kuota internet, hingga yang begitu akan membuat boros kuota. Untuk menangani permasalahan itu Kamu harus aktifkan opsi WiFi Only.

Aplikasi yang terinstall pada handphone akan memperbaharui datanya saat handphone tersambungsi dengan WiFi. Untuk aktifkan gampang sekali, Kamu perlu masuk di Play Store dan pilih menu Settings -> Auto -> Update Apps -> Auto -> Update Apps Over WiFi Only.

4. Memakai Chrome Data Saver

Jika Kamu salah satunya pengguna browser Chrome, karena itu Sbat dapat mengirit penggunaan data internet dengan cara aktifkan feature Data Saver. Cara pengaktifan feature Data Saver gampang sekali, yaitu melalui menu Settings -> Data Saver -> On. Feature Data Saver secara automatis akan mengompres data Anda sampai 50 %.

5. Non-Aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tak Diinginkan

Dengan menon-aktifkan account yang mempunyai opsi sinkronisasi dan tidak Kamu pakai dengan periodik cara hemat kuoata. Untuk melakukan Kamu harus masuk di menu Settings -> Akun -> Tentukan Account yang Tak Ingin Kamu sinkronisasikan. Cara itu akan menolong Kamu untuk mengirit penggunaan kuota data, karena aplikasi yang berkaitan tidak langsung akan tersambung ke internet.

6. Membatasi Penggunaan Kuota Internet

Jika Anda salah satunya pengguna handphone Android, Anda tentunya tahu dengan feature satu ini, Data Usage Warning dan Limit Sistem. Anda dapat manfaatkan feature itu untuk memberi teguran saat penggunaan data internetmu telah melebihi batasan. Untuk aktifkan dengan masuk di menu Settings -> Data Usage -> Cellular Data -> Set Cellular Data Limit. Tak untuk mulai aktifkan.

Nah, itu ia beberapa cara hemat kuota internet semua operator yang dapat Arthy.id infokan. Mudah-mudahan bisa menolong Kamu dan berguna.

LEAVE A REPLY