Teknik rahasia smash forehand badminton

0
22


Teknik Rahasia Smash Forehand
Badminton
Smash forehand dalam badminton adalah pukulan keras yang diarahkan pada wilayah lapangan lawan yang sulit di jangkau dan dikembalikan, yang dilakukan dengan cara tertentu.
Teknik rahasia smash forehand berada pada pemegangan tangan pada gagang raket tiga jari yang berada diujung bawah gagang raket harus kuat dan ibu jari turun melingkar pada bagian atas tiga jari yang menggenggam gagang raket dari bagian bawah hingga ke bagian tengah.
Jari telunjuk melingkar ke bagian atas gagang raket, kemudian lakukan pukulan smash dengan cara berikut.
Pertama angkat raket hingga berada tepat di depan atas kepala, kepala menghadap pada arah shuttlecock dengan posisi tubuh sedikit miring dan tangan yang tidak memegang raket menjulur ke arah shuttlecock, kemudian memperkirakan momentum pukulan yang tepat supaya shuttlecock menyentuh tepat pada bagian tengah kepala raket dan mengarah pada titik yang di tentukan, lalu pukul shuttlecock dengan tenaga yang di perlukan atau dengan tenaga keras sehingga shuttlecock melesat dengan cepat, supaya sulit dikembalikan oleh lawan.
Kedua tahap gerakan tangan setelah siap pada posisi memukul smash sebagai berikut.
Ayunkan kepala raket berputar setengah lingkaran ke belakang tubuh hingga lurus dengan pundak tangan yang memegang raket.
Lemparkan sikut tangan ke depan dengan menarik tangan satunya yang sudah di julurkan pada arah shuttlecock.
Tarik raket tadi ke menyamping ke depan dengan kecepatan yang di tentukan atau dengan keras.
Ayunkan raket ke depan samping bawah tangan yang telah di tarik dari posisi menjulur.
Pada saat memukul yang di dorong bukanlah bagian gagang raket ataupun bagian tengah / tubuh raket, melainkan kepala raket, karena bila yang di dorong gagang raket maka shuttlecock akan mengarah ke atas dan bila yang di dorong bagian tengah / tubuh raket, maka shuttlecock akan mengarah jauh ke atas bagian belakang lapangan lawan.
Memukul dengan mendorong bagian kepala raket berfungsi untuk mengarahkan shuttlecock menuju ke bawah dengan tajam.
Dalam melakukan smash wajib memperkirakan jarak dengan net. Disaat pemukul dekat dengan net maka pukul shuttlecock mengarah tajam kebawah pada lapangan lawan dekat dengan net dan bila shuttlecock melambung ditengah lapangan maka pukul shuttlecock mengarah kebawah lapangan lawan bagian tengah atau sedikit jauh dari net.
Smash dapat dilakukan pada dua keadaan tergantung posisi shuttlecock, jika shuttlecock melambung tidak tinggi atau dapat dijangkau raket tanpa seorang pemukul harus meloncat maka pukul shuttlecock dengan mengarah kebawah dengan ketajaman tertentu tergantung jarak pemukul dengan net. Bila shuttlecock melambung tinggi atau tidak dapat dijangkau raket maka shuttlecock dipukul dengan mengarah tajam lapangan lawan dengan memperkirakan jarak dengan net.
Kesimpulannya teknik smash keras dalam badminton adalah berfokus pada teknik jari tangan yang menggenggam gagang raket, posisi melambungnya shuttlecock dan keadaan pada lapangan.

  1. Nur Aziz Majid
    .XII IBB

LEAVE A REPLY