CINTA YANG MEMUDAR

0
20

Cinta. Cinta bukan hanya sekedar persoalan perasaan antara dua sejoli yang saling suka,tetapi cinta itu meliputi seluruh hal di dalam kehidupan. Bisa cinta terhadap materi maupun non-materi. Sebagai salah satu contohnya adalah cinta warga negara kepada bangsanya. Misalnya dalam hal bahasa. Disini kita akan membahas cinta terhadap bahasa yang tertuang di dalam Sumpah Pemuda alinea 3 yang berbunyi “Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean Bahasa Indonesia. Mari kita bahas lebih lanjut tentang Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia, tentunya sangat familiar dengan kita warga negara Indonesia tercinta ini. Bahasa Indonesia memudahkan kita untuk saling berkomunikasi dengan orang lain dalam menjalani rutinitas kita, baik belajar atau bekerja. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional, yang mana seluruh warga negara Indonesia wajib bisa berbahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia adalah suatu hal yang sangat penting. Mengapa? Bahasa Indonesia digunakan oleh warga negara Indonesia hampir diseluruh bidang. Misalnya dalam hal kerja, Bahasa Indonesia berpengaruh penting terhadap diterima atau tidaknya suatu pekerja yakni lewat tes tulis dan wawancara. Tak hanya itu Bahasa Indonesia juga sangat penting bagi seseorang untuk menjalankan usahanya di Indonesia, dalam proses pemasaran, pelayanan, dan masih banyak lagi. Berkomunikasi dengan pekerja lain juga menggunakan Bahasa Indonesia, karena tidak selalu mereka satu suku yang paham dengan bahasa daerahnya.
Sebagai pelajar, secara sadar maupun tidak sadar kita telah mendapat pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam mata pelajaran ini terdapat 4 macam kegiatan yang diajarkan yaitu: mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Disetiap macam tersebut terdapat sub-sub kecil yang menjelaskan secara rinci dan jelas tentang Bahasa Indonesia
Di zaman yang semakin maju ini, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar khususnya remaja mulai menurun, kecintaan terhadap Bahasa Indonesia mulai memudar. Banyak sekali kata-kata tidak baku yang sering sekali digunakan oleh anak- anak zaman now. Selain itu semangat para pelajar Indonesia mulai menurun untuk giat mempelajari bahasa nasional. Mereka lebih tertarik untuk mempelajari bahasa asing, walaupun mempelajari bahasa negara lain yang mana lebih sulit. Mereka menganggap belajar bahasa asing itu lebih keren daripada Bahasa Indonesia ini.
Bahkan yang sangat menyedihkan, banyak sekali ditemukan poster-poster, spanduk, bahkan slogan yang menggunakan bahasa asing didalamnya. Jarang kita temui yang menggunakan Bahasa Indonesia secara penuh. Semua itu hanyalah contoh kecil kelunturan Bahasa Indonesia. Banyak pertanyaan yang terbesit di otak kita. Dimanakah kecintaan kita terhadap negeri ini? Apakah kita sudah menjadi warga negara yang baik? Sudahkah kita melanjutkan perjuangan para Pahlawan? Ataukah kita semakin memperburuk bahkan menghancurkan negara ini?

Kita semua pasti nerharap agar kedepanya Bahasa Indonesia mejadi lebih baik dan lebih dicintai masyarakat Indonesia daripada bahasa asing. Misalnya melalui media-media pembelajaran agar mengajarkan bagaimana cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidak hanya dengan teori-teori saja melainkan dengan praktek di luar (lingkungan masyarakat ). Dengan demikian seorang pelajar akan lebih memahami makna dan kegunaan Bahasa Indonesia secara luas serta menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa negara ini . Tidak hanya berpaku terhadap soal-soal bacaan tetapi dengan hal-hal yang lebih menarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Maka dari itu diperlukan proses mengajar yang menyenangkan sehingga dapat menjadikan pelajaran Bahasa Indonesia lebih mudah dipelajari.

UTAMAKAN BAHASA INDONESIA, LESTARIKAN BAHASA DAERAH, KUASAI BAHASA ASING

Tobing Riki Hardiansyah
Kelas 12 Bahasa, SMAN 1 Kepanjen

 

LEAVE A REPLY