Jangan Lupakan Kesehatan Sesibuk apapun Aktivitasmu

0
124

Tidak dapat dipungkiri jaman sekarang, jaman modern dimana banyak orang yang sangat sibuk dengan aktivitasnya. Hal itu yang sekrang dirasakan oleh siswa-siswi sekarang. Pagi hari berangkat sekolah, sore hari pulang sekolah, itupun salah satu dari mereka ada yang mengikuti bimbingan pelajaran. Penat dan lelah adalah makanan keseharian mereka, sehingga mereka akan beristirahat. Jika mereka melakukan berbagai aktivitas tanpa menyeimbangkan olahraga maupun makanan bergizi akan berdampak pada tubuh mereka,yaitu mudah terserang penyakit.

Jadi kita harus melakukan perubahan untuk kesehatan tubuh kita sendiri agar tetap sehat dan bugar. Kita dapat memulai dari hal-hal yang sederhana. Berikut tips sederhana untuk kamu yang sangat sibuk. Check it out guysss!

  1. Olahraga

Olahraga merupakan syarat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Tetapi mereka melupakan olahraga karena padatnya aktivitas. Padahal banyak manfaat yang akan kita dapat jika kita rutin berolahraga. Dengan olahraga, akan mempercepat pertumbuhan tulang dan menguatkan massa otot. Kuatnya tulang akan mengurangi pengeroposan pada masa tua, dan masa otot berguna agar tubuh tampak ideal. Pasti semua siswa-siswi mau punya tubuh ideal kan. Sesungguhnya banyak cara yang dilakukan untuk berolahraga. Tidak harus ke gym, berolahrga bisa dimana saja, kapan saja semau kita, seperti:

  • Jalan kaki

Untuk kita para pelajar yang terkadang sangat mager untuk jalan kaki, kali ini urungkan rasa itu untuk kesehatan kamu. Jalan kaki mempunyai banyak manfaat loh guys. Dalam sehari kita diwajibkan minimal 1000 langkah. Jangan melihat nominalnya guys, 1000 langkah itu sangat sedikit loh. Jika kita membiasakan jalan kaki maka jantung kita akan sehat guys, karena jalan kaki termasuk aerobic yang berfungsi menyehatkan jantung.

  • Naik tangga

Beruntunglah kalian jika kelas kalian berada di lantai atas. Mengapa begitu, karena tidak langsung kita sudah melakukan olahraga guys. Yaa, naik tangga juga merupakan aerobik.

2. Minum air yang cukup

Cara kedua adalah minum air yang cukup. Minum air itu penting ga sih? Air putih kan ga banget, ga kekinian gitu. Banyak dari kalian yang masih mempunyai presepsi yang salah. Kalian tahu, 80% tubuh kita adalah air. Jadi bisa kalian bayangkan jika kita jarang minum air, apa yang akan terjadi dalam tubuh kita. Dehidrasi, banyak orang yang sering mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kekurangan cairan, jika kita sering mengalami dehidrasi keseimbangan dalam tubuh kita akan terganggu. Kita diwajibkan minum air sebanyak 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Cara agar tubuh tercukupi cairan:

  • Pagi hari, usahakan saat pagi hari setelah bangun tidur kita minum 2 gelas air.
  • Siang hari, karena kita melakukan aktivitas yang banyak minimal kita minum 4 gelas air.

Malam hari, karena akan beristirahat kita minum 2 gelas air agar ginjal kita tidak terbebani.

3. Makanan sehat

Cara ketiga adalah makanan sehat, ya benar makanan sehat sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tubuh kita akan tercukupi vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Tipsnya bawalah bekal dari rumah, karena pastinya bekal yang kita bawa sehat dan bergizi.

4. Tidur yang cukup

Tidur adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa lelah. Untuk pelajar tidur yang ideal adalah 7-8 jam. Banyak dari kalian yang sering bergadang entah untuk mengerjakan tugas ataupun mengerjakan aktivitas lainnya. Dengan cukupnya tidur, dipagi hari kita akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Kita akan semnagat untuk menjalani hari.

     Mudah kan guys tips-tipsnya. Jangan lupa jaga kesehatan karena mencegah lebih mudah daripada mengobati.

 

 

Adinda Sekar Putri Hendriyana

Siswi kelas 12 Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen

LEAVE A REPLY