Sistem SBMPTN 2019

0
43

SBMPTN Akan dihapus dan diganti dengan Test center?

Kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi memberi wacana untuk model penerimaan mahasiswa baru melalui pusat layanan test ( Test Center ) di tahun 2019 mendatang. Model ini akan menggantikan test penerimaan mahasiswa baru atau yang sering disebut SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri).
Mentri riset teknologi dan pendidikan tinggi , Mohammad Nasir, menyatakan bahwa pihaknya akan menambah jumlah peserta SBMPTN dengan metode ujian tulis berbasis komputer ( UTBK ) di tahun 2018.
Mohammad Nasir menyatakan bahwa UTBK ini akan menjadi bibit awal untuk mengembangkan Test Center yang akan diterapkan pada tahun 2019.
Test Center ini akan berpusat pada penggalian potensi akademik pada calon mahasiswa “Selama ini kan SBMPTN selalu ujian tulis dan sangat tinggi resiko kebocoran soal dan mata uji yang yang diujikan belum tentu pas” kata Nasir yang dikutip dalam Koran Jakarta.
Nasir berharap seleksi masuk PTN di tahun 2019 hanya ada SNMPTN dan SBMPTN dihapuskan. Model seleksi Test Center tidak hanya dibuka sekali dalam setahun tapi dibuka sepanjang tahun dan memungkinkan siswa mengikuti tes masuk PTN lebih dari satu kali, dan itu akan sangat memudahkan bagi masyarakat untuk melakukan tes seleksi masuk.
Sedangkan menurut pemantau pendidikan, Totok Amin Soefijanto , berpendapat bahwa seleksi masuk PTN sebaiknya dilakukan oleh lembaga independen.
Totok mengatakan, dengan lembaga independen yang melakukan tes seleksi masuk PTN maka sistem ini sama dengan sistem tes penerimaan mahasiswa baru di Amerika Serikat, yang menggunakan skema SAT Reading test yang dilakukan oleh lembaga independen.
Menurut saya tes penerimaan mahasiswa baru di Indonesia masih belum berdasarkan tes minat bakat ataupun kompetisi dasar untuk bidang yang dituju, jadi saya berharap UTBK atau Test Center bisa direalisasikan di tahun 2019 juga adanya penambahan kuota mahasiswa baru.

LEAVE A REPLY