Fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018 di Desa Padomasan

0
72

Gerhana adalah sebuah fenomena astronomi yang terjadi pada sebuah benda langit yang bergerak ke dalam sebuah bayangan benda langit lain. Istilah ini umumnya digunakan untuk gerhana matahari saat bulan terletak pada posisi antara bumi dan matahari, atau gerhana bulan saat penampang sebagian atau seluruhnya ditutupi oleh bayangan bulan bumi di dalam tata surya.

Dan pada tanggal 31 Januari telah terjadi fenomena gerhana bulan total. Fenomena ini terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan pada garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi. Gerhana bulan mungkin sedikit berbeda dengan proses terjadinya gerhana matahari. Dengan penjelasan lain, gerhana bulan saat bulan beroposisi tampil dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5 °, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan.

Peristiwa tersebut termasuk dalam fenomena langka, kenapa dibilang fenomena langka? karena gerhana bulan total terjadi hanya 150 tahun sekali.  Gerhana bulan mungkin sedikit berbeda dengan Proses Terjadinya Gerhana Matahari. Seperti yang telah digambarkan sejumlah peneropong angkasa luar, bulan bergerak mengelilingi bumi dalam orbit elips. Sehingga suatu saat jarak bulan sangat dekat dengan bumi, yaitu sekitar 358.000 kilometer, tidak seperti biasanya, bulan pun akan terlihat lebih besar dan lebih terang di langit.

Tapi sayangnya hal tersebut tidak terjadi di kawasan Desa Padomasan. Fenomena yang langka tersebut tidak bisa dilihat secara langsung, dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Hujan yang tak kunjung reda, membuat masyarakat Padomasan sedikit merasa kecewa akan hal ini.

“Padahal fenomena tersebut hanya terjadi 150 tahun sekali, saya sedikit merasa kecewa karena hujan yang tidak kunjung reda ini. ” timpal salah satu warga..

Views All Time
Views All Time
58
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY