2 Jenis Puasa

0
13

Puasa menurut bahasa artinya menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkann puasa, sedangkan menurut istilah adalah menahan diri dari makan minum dan segala hal yang dapat membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat karena Allah Ta’ala. Puasa termasuk rukun islam yang ketiga.

PUASA WAJIB
Puasa Wajib atinya puasa yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mukalaf (baligh dan sehat akal maupun jasmaninya) dan mampu untuk menunaikan ibadah puasa, apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan mendapatkan dosa. Puasa wajib ada empat macam, diantaranya: Puasa Ramadhan, Puasa Kifarat, Puasa Qadha, dan Puasa Nadzar.

PUASA SUNNAH
Puasa Sunnah adalah puasa yang boleh dilakukan dan juga boleh ditinggalkan, bila dikerjakan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan tidak mendapatkan dosa, meskipun hukumnya sunnah, hendaknya berusaha untuk melaksanakn semampu diri kita masing-masing. Karena puasa sunnah merupakan ajaran Rasulullah, suri teladan kita yang telah dijamin masuk syurga oleh Allah SWT berkat keteladanan dan akhlaqnya yang luar biasa. Puasa sunnah ada enam macam, diantaranya: PUasa Senin-Kamis, Puasa Syawal, Puasa Arafah, Puasa Asyura, Puasa Syakban, dan Puasa Hari Abyadh.

sumber: lks pai

LEAVE A REPLY