Selamat Malam,

Siswa siswi yang keren se Indonesia,

Hari Senin 29 Januari 2018 yang lalu tepat seminggu pembuatan green house SMA Negeri 1 Juhar.Dan penulis melihat sudah di cat berwarna hijau. Bagian dalam juga sudah ada isinya.

Sedangkan bagian depan sudah nampak Plang yang special sehingga menambah keunikan green house SMA Negeri 1 Juhar.Plang yang tergantung tersebut khusus dibuat oleh Bapak Saiful Afif yang kebetulan Guru BP/BK SMA Negeri 1 Juhar yang hobby sekali dibidang kreasi seni. Apakah itu seni relief atau seni tulisan.

Green house merupakan adaptasi dari istilah rumah kaca. Karena pembuatan rumah kaca sangat membutuhkan dan yang tidak kecil, maka pembuatannya tergantikan dengan rumah kaca yang terbuat dari bahan plastik. Karena hal tersebutlah maka terjadi pergeseran istilah dari rumah kaca menjadi green house (rumah hijau) yang sesuai dengan fungsinya sebagai rumah bagi tanaman yang pastinya berwarna hijau.

Fungsi dan Manfaat Green House

Green house berfungsi dan berguna untuk menjaga tanaman dari kondisi lingkungan yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman itu sendiri. Contohnya seperti faktor sinar matahari, kelembaban, suhu, angin, dan serangan hama ataupun polusi udara. Pada dasarnya manfaat green house bagi tanaman adalah:

  • Agar kegiatan menanam dapat dilakukan pada setiap musim. Setiap jenis tanaman memiliki sifat dan karakteristik masing-masing, yang akan menentukan kapan tanaman tersebut dapat tumbuh. Apakah akan tumbuh di musim hujan ataukah di musim panas. Dengan menanamnya di dalam lingkungan green house, kondisi lingkungan yang diinginkan sebagai syarat suatu tumbuhan dapat dimanipulasi. agar tumbuhan tetap dapat tumbuh secara optimal dan maksimal tanpa tergantung musim dan tanpa tergantung dengan lingkungan luar lainnya.
  • Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi tanaman yang dihasilkan. Dengan memberikan unsur nutrisi dan memperhatikan lingkungan didalam green house, kualitas dan kuantitas hasil produksi dari setiap tanaman pastinya akan menjadi lebih baik.
  • Untuk Melakukan budidaya tanaman secara organik. Jika kondisi green house dapat terjaga dan terawat dengan baik, kemungkinan terjadinya serangan hama atau penyakit tanaman dapat dihindari. Dalam kondisi tersebut, penggunaan pestisida menjadi tidak dibutuhkan lagi.

sumber :RumahLia.com

 

LEAVE A REPLY